WN Thailand selundupkan 327 koral hias dari Jawa Timur

0
448

Buanainformasi.com wn-thailand-selundupkan-327-koral-hias-dari-jawa-timurWarga negara Thailand, Sae Jang Suwat diamankan sekuriti Bandara Ngurah Rai, Bali. Dia kedapatan membawa sedikitnya 327 koral hias tanpa dilengkapi surat izin.

Ratusan koral hias ini ditemukan petugas bandara dalam sebuah koper besar dan kotak styrofoam. Saat dibuka terdapat ratusan koral hias terbungkus plastik.

“Total seluruhnya ada 327 koral hias dengan berbagai jenis. Ini sesuatu yang dilindungi dan masuk daftar karantina badan internasional,” kata kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan kelas I Denpasar Habrin Yake, Jumat (19/6).

Lanjutnya, barang bukti ini atas nama milik Sae Jang. Pelaku saat berangkat tidaklah sendiri tetapi bersama temannya yang juga asal Thailand. Pelaku menggunakan pesawat Thai Airlines nomor penerbangan, TG 432 tujuan Bangkok dan berangkat sekitar pukul 15.10 Wita.

“Barang bukti saat ini kita lepas di Pantai Serangan untuk bisa hidup dan berkembang. Kebetulan di pantai Serangan wilayah satu ini khusus untuk berkunjung bukan untuk wisata mancing, jadi aman,” ucap Habrin.

Barang bukti yang didapat ini katanya sudah menjadi temuan yang ketiga kali. Namun untuk usaha penyelundupan lewat jalur udara, ini adalah temuan yang pertama.

“Ini pertama kalinya temuan kita yang berusaha menyelundupkan koral hias lewat jalur udara. Koral hias ini dari pengakuan pelaku didapat dari Jawa Timur. Total seluruhnya dibeli dengan harga Rp 10 juta” jelasnya. (Sumber : Merdeka.com)