Wilson Dan Maniah Sambangi Kediaman Tukijem

0
538

BIC,Lampung Utara – Tukijem (75) warga Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara dengan kondisi kesehatan kian memperihatinkan, tinggal di sebuah gubuk reot bersama cucunya yang terbilang golongan kurang mampu. Kini menjadi perhatian Camat Abung Selatan Ibrodi Wilson.SE bersama Kepala Desa Ratu Abung Maniah, usai kunjungi Tukijem di kediamanya(4/12). Minggu (6/12/2015)

Melihat kondisi Tukijem, Maniah Kepala Desa Ratu Abung Selatan mengatakan bahwa rumah yang di tunggu Tukijem merupakan hasil dari gotong royong para warga karna sebelumnya ia tidak memiliki tempat tinggal. Selain itu, Maniah menampik bahwa Tukijem bukanlah Lansia Terlantar, ujarnya.

“mbah tukijem ini mempunyai lima orang anak. Sedangkan empat orang anaknya merantau ke pulau bangka ga ada yang di sini, satu anaknya ada yang masih tinggal di Desa Ratu Abung ini, memang mbah Tukijem dan keluarganya tergolong keluarga tidak mampu.

Lanjut Maniah, untuk bantuan berupa Raskin nenek Tukijem dapat. Sedangkan program bantuan seperti Kartu Perlindungan Sosial dan BPJS sudah mereka buatkan, “Raskin nenek Tukijem dapat dan masalah yang lain seperti program bantuan seperti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Kartu BPJS alhamdulillah sudah kita buatkan untuk nenek Tukijem, supaya nenek Tukijem bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah melalui Dinas Sosial, menyikapi permasalahan nenek Tukijem lansia yang tergolong tidak mampu nanti akan kita upayakan untuk menyelesaikan persyaratan yang akan kita ajukan ke Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara.”jelasnya.

Sementara, Camat Abung Selatan Ibrodi Wilson.SE Mengatakan bahwa ia sebagai perpanjangan tangan Bupati akan segera menindak lanjuti permasalahan nenek Tukijem warga Desa Ratu Abung yang keadaannya tergolong warga tidak mampu, “kami akan berupaya untuk koordinasikan kepada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara bagaimana langkahnya untuk menyikapi permasalahan nenek Tukijem yang tergolong sangat tidak mampu.”paparnya.

Wilson juga  membenarkan apa yang di tuturkan Kades  Ratu Abung Maniah bahwa untuk program bantuan dalam bentuk kesehatan dan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Kartu BPJS dari Pemerintah. “namun walaupun demikian nenek Tukijem akan kita upayakan supaya mendapatkan perhatian dari Pemerintah melalui Dinas Sosial agar kehidupan dan perekonomian nenek Tukijem bisa lebih layak.”katadia.

Camat menghimbau kepada masyarakat, terutama masyarakat sekitar jika menemukan warga dengan keadaan perekonomianya  di bawah garis kemiskinan dan sudah lanjut usia mohon kerjasamanya agar dapat menyampaikan kepada pihak Desa atau Kecamatan. “Jangan sampai di biarkan, terlebih lansia tergolong di bawah garis miskin  segera sampaikan ke pihak Desa atau Kecamatan insyaallah akan kita tindaklanjuti.”Tutup Wilson. (Siswanto).