Way kanan Peduli Sampah Berbagai

0
890

Way Kanan,buanainformasi.com-Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Berbagai Komunitas yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia melakukan aksi memungut sampah di Kabupaten Way Kanan dengan tema Way Kanan Ramik Ragom (beragam) Sakai Sambayan (gotong royong) “Bergerak Untuk Indonesia Bebas Sampah.

kegiatan memungut sampah ini di lakukan di beberapa kecamatan seperti Blambangan Umpu ada 10 titik yang di ikuti 305 relawan dari Polres,Kodim 0427,KNPI,Karang Taruna,Saka Wira Sartika,Pokjawan,Pemuda Katolik,BPUN,Gusdurian,GP Ansor,Sekolah Beladiri Karate,Radin Djambat Shooting Club,Pemuda Muhammadiyah,Pramuka,Banser,Lembaga Perlindungan Anak Pramuka dan Kantor Lingkungan Hidup yang berakhir di Monumen Ryacudu.

Lalu di Pakuan Ratu, kegiatan akan berlangsung di Kampung Tanjung Serupa, dikuti 310 relawan dari HIPSI, SMP, SMA, Pondok Pesantren Al-Falakhus Sa’adah, Gusdurian, GP Ansor-Banserdan berakhir di Pondok Pesantren Al-Falakhus Sa’adah.

Kemudian di Negara Batin, aksi akan dilakukan di Kampung Purwa Negara, diikuti kurang lebih 50 relawan dari Pemuda Muhammadiyah dan PAC GP Ansor Kampung Purwa Negara. Lantas di Baradatu, kegiatan dikuti 150 relawan dari PGRI dan IPSI, berkahir di Gedung PCNU.

Selanjutnya di Way Tuba, pelaksanaan kegiatan dilakukan di Kampung Bukit Gemuruh, diikuti 100 relawan dari PAC GP Ansor Way Tuba, PMI, Gusdurian, pelajar dan masyarakat.

Terakhir di Kecamatan Banjit, kegiatan diikuti 250 relawan yang terdiri dari sejumlah pelajar dari Kampung Bali Sadhar Selatan, Bali Sadhar Utara dan Bali Sadhar Tengah, dikoordinir oleh Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah). Dan di Gunung Labuhan, aksi berlangsung di Dusun 1 Pamuka Jaya, Kampung Labuhan Jaya.diikuti 15 orang, berakhir di Pondok Pesantren Assiddiqiyah 11.

Dalam aksi tersebut hadir Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, SH., MM dan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta. Adipati juga mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi kegiatan rutin setiap bulannya.

“Saya sangat mengapresiasikan kegiatan ini, karena merupakan kegiatan positif. Harapan kita bisa menjadi agenda rutin Kabupaten Way Kanan setiap bulan, sehingga benar-benar terwujud lingkungan kita yang bersih dan bebas sampah,” ujarnya (21/2).

Adipati menambahkan Masyarakat harus peduli terhadap lingkungan sekitar dan menjadi pelopor terutama pada diri sendiri.”Semua berawal  dari diri sendiri untuk peduli tehadap lingkungan di sekitar kita,semoga virus ini bukan hanya di 1 tempat saja, bisa berkembang ke kecamatan lain,” Pungkasnya.(Sum:def/Red)