Wakili Lamsel Dalam Lomba BBGRM Tingkat Provinsi Lampung, Desa Bakti Rasa Targetkan Juara I

0
263

Lampung Selatan, buanainformasi.com – Desa Bhakti Rasa, Kecamatan Sragi menjadi perwakilan Lampung Selatan pada ajang Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) tingkat Provinsi Lampung. Penilaian BBRGM tesebut berlangsung di halaman Kantor Desa Bakti Rasa, Rabu (28/3).

Kedatangan Tim Penilai yang dipimpin Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung, Drs. Yuda Setiawan, disambut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Lampung Selatan, Supriyanto, beserta sejumlah pejabat Pemkab Lampung Selatan.

Ketua Tim Penilai Yuda Setiawan mengaku terkesan dengan penyambutan yang diberikan masyarakat Desa Baktirasa.

“Mudahan-mudahan ini memang menjadi ciri khas masyarakat Desa Baktirasa. Dimana yang saya dengar masyarakat disini merupakan orang Lampung yang berasal dari Jawa,” kata mantan Pj. Bupati Pringsewu ini.

Yuda mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan itu adalah untuk melestarikan nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Dimana menurutnya, jiwa gotong royong saat ini mulai luntur dalam dinamika masyarakat yang modern.

“Gotong royong adalah ciri khas masyarakat Indonesia. BBRGM ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan budaya gotong royong yang kian terkikis yang disebabkan rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Maka dari itu saya harap ada transparansi pemerintah Bakti Rasa,”ungkapnya.

 

Penilaian yang dilakukan tim dari Pemprov Lampung itu didampingi Asisten I bidang Pemerintahan, Suprianto, mewakili Bupati Lampung Selatan Dr H. Zainudin Hasan, Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel Dulkahar, Camat Sragi Bibit Purwanto beserta Kepala Desa se- Kecamatan Sragi. Serta rombongan tim penilai Provinsi Lampung.

Suprianto mengatakan, kegitan ini merupakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam meningkatkan budaya gotong royong yang mulai terkikis.

“Sesuai dengan landasan nenek moyang kita, ‘Kham Setawitan Jejama’ yang diartikan gotong royong. Ini adalah sebuah momentum untuk kita agar senantiasa ingat untuk melaksanakan gotong royong,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Lamsel Dulkahar mengatakan, dalam ajang BBRGM tersebut Desa Bhakti Rasa ditargetkan akan mendapat juara satu di tingkat Provinsi Lampung dan dapat maju ketingkat Nasional.

“ Semua aspek penilaian sudah kami laksanakan dan kami yakin Desa Bakti Rasa akan juara satu dan dapat menjadi perwakilan Provinsi Lampung diajang tingkat nasional,” pungkasnya. (*)