Wakil Bupati Buka Pelatihan Deteksi Dini

0
555

Lampung Utara, buanainformasi.com-Wakil Bupati Dr. Sriwidodo,M.,KES.Sp.PD.FINASIM, membuka pelatihan Deteksi Dini Dan Penyelesaian Konflik yang di selenggarakan BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK Kabupaten Lampung Utara di Aula  Makodim 0412/LU tahun anggaran 2015 di Jln Alamsyah RPN Kelurahan kelapa tujuh Kecamatan Kotabumi Selatan, sekitar pukul 09 : 00 WIB, Kamis (12/11/2015).

Dalam kesempatan pembukaan pelatihan Deteksi Dini dan Penyelesaian Konflik, KaKesbang dan pol Drs.Murni Rizal,Si menyampaikan maksud dan tujuan di laksanakan pelatihan Deteksi Dini dan Penyelesaian Konflik adalah agar dapat membangun kepekaan dan peran serta masyarakat dalam mendeteksi sejak dini gejala – gejala yang dapat berdampak konflik di masyarakat.

Selain dari itu dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pandangan dan wawasan kepada para peserta dalam hal penangan setiap ganguan keamanan yang terjadi, sesuai dengan mekanisme dan prosedur serta peraturan perundang – undangan yang berlaku, dengan memperhatikan pranata kearipan lokal dan budaya yang ada di Kabupaten lampung utara.

Kemudian dapat menjadikan REMBUK DESA sebagai media atau wadah bagi masyarakat dalam bermusyawarah menyelesaikan permasalahan yang timbul di masyarakat dengan cara melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda, sehinga apapun bentuk permasalahan tidak berkembang yang dapat mengakibatkan kejadian yang tidak di inginkan,pungkasnya.

Harapan Kakesbang dan pol, dengan terciptanya kader yang mengikuti pelatihan agar dapat menjadi sebagai perintis dan motivator di tengah masyarakat dalam mensikapi setiap permasalahan yang dapat menimbulkan konflik ditengah – tengah masyarakat di masing – masing wilayah di kabupaten Lampung Utara,tegasnya

Di tempat berbeda Wakil Bupati Lampung Utara  saat di wawancarai ia mengatakan, bahwa kita ketahui bersama untuk meningkatkan kesejasteraan di masyarakat,  perlu adanya program ini di bentuk dengan tujuan memberi kenyamanan dan ketentraman di masyarakat agar masyarakat dapat meningkatkan penghasilan. Dan juga agar jangan sampai adalagi konflik di masyarakat yang sifatnya Horizontal dan vertikal jika ada permasalahan di masarakat kita harus cari solusi pemecahan permasalahan kordinasikan kepada POLISI, TNI, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama  serta yang lainnya, agar tidak ada konflik yang sifatnya dapat merugikan masyarakat itu sendiri, tegasnya.

Dandim 0412 LETKOL INF Mahfud Supriyadi, menjelaskan bahwa peserta pelatihan yang hadir dan mengikuti pelatihan akan di bekali dengan ilmu intelijen maupun di bidang keamanan itu sendiri, tambah Letkol Inf Mahfud supriyadi dari semua hasil peserta pelatihan ini kita akan kordinasikan ke Korem 043 Gatam Lampung, dengan tujuan agar semua wilayah Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara aman, tegas Dandim. (siswanto)