Usaha Patung Kuda dari Bahan Limbah Raup Jutaan Rupiah

0
435

patung-kuda-dari-limbah-kayu-_663_382Buanainformasi.com – Limbah kayu biasanya hanya digunakan untuk kayu bakar yang nilai ekonomisnya rendah. Namun, siapa sangka limbah kayu jika diolah menjadi produk kerajinan memiliki nilai hingga jutaan rupiah.

Seperti yang dilakukan Timbul Heru, Warga Desa Selopamiro, Kecamatan Imogiri , Kabupaten Bantul, Yogyakarta, yang memanfaatkan limbah kayu untuk produk kerajinan patung kuda.

Melihat banyaknya limbah kayu, terpetik pikiran Timbul untuk membuat patung kuda yang berasal dari limbah kayu, yang tidak punya nilai ekonomis.

Proses pembuatan awal limbah kayu dipotong-potong menjadi bagian yang kecil, kemudian dirangkai membentuk pola hewan kuda.

“Awalnya cukup sulit, namun setelah dicoba terus, akhirnya potongan-potongan kayu kecil tersebut dapat menjadi sebuah patung hewan kuda,” katanya, Jumat 15 Mei 2015.

Patung hewan kuda juga disesuaikan dengan permintaan, yaitu dari ukuran sedang hingga ukuran yang cukup besar. Harga pun, tentunya berbeda-beda.

Patung kuda ukuran kecil dijual dengan harga Rp300 ribu, sedangkan patung kuda seukuran kuda asli bisa mencapai Rp30 juta.

Timbul menceritakan, pada awalnya pemesan patung kuda ini hanya pembeli lokal saja. Namun, setelah banyak dipasarkan banyak pembeli dari luar negeri tertarik memesan.

“Negara Eropa dan Amerika yang paling banyak memesan,” tuturnya.

Sayangnya, kata Timbul, belum semua pesanan dapat dilayaninya, mengingat tenaga kerja yang masih kurang. Masalahnya, masih minim tenaga kerja trampil untuk memenuhi banyak pesanan.

“Kerja di sektor industri kreatif dibutuhkan tenaga yang punya keahlian khusus. Saya masih kekurangan tenaga kerja yang trampil,” tuturnya. (sumber : Viva.co.id)