Tunjangan Operasional Camat dan Lurah Lampura Naik Diatas 100

0
529

ssssssLampung Utara, buana informasi.com-Perangkat Kecamatan dan Keluruhan di wilayah Lampung Utara (Lampura) dinaikkan tunjangan operasionalnya mencapai lebih dari 100%, guna meningkatkan kinerja dalam memonitoring maupun sosialisasi terkait program yang digulirkan pemerintah daerah setempat. Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara saat memimpin rakor tingkat Kabupaten diaula Tapis Sekdakab Lampura, Senin (14/3/2016).

“Saya sangat miris mendengar dana operasional sangat kecil sekali, seperti Camat hanya Rp 3 juta/bulan dan Lurah Rp 750ribu/bulan. Bagaimana mau menjalin koordinasi dengan para Kepala desa atau menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat kalau seperti itu tunjangannya.

Mulai sekarang tunjangan operasional Camat saya naikkan menjadi Rp 5 juta/bulan dan lurah Rp 1,750/bulannya, beserta aparatnya sampai ditingkatan paling bawah,”Bupati Lampura.

Menurut Agung, peran Camat sangatlah penting sebagai ujung tombak pemerintah daerah di lingkup wilayahnya. Selain peran sentralnya sebagai pengendali, juga sebagai kepanjangan tangan kepala daerah dalam mensosialisasikan berbagai program yang dijalankan disana. Sehingga pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dan berkesimbungan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Coba sebagai camat, sering-seringlah turun kelapangan. Jangan sampai masyarakat tidak mengetahui cara mendapatkannya. Hanya tahu dari baleho dipajang saja, semisal perobatan, bibit dan peralatan pertanian gratis,”kata Alumni STPDN itu.

Sementara ini, lanjut Agung, terdapat beberapa diantaranya yang sangat sulit sekali dihubungi dikala hari libur. Padahal sebagai pejabat dituntut untuk melaksanakan kerja cepat sesuai tuntutan. Demi mewujudkan percepatan pembangunan kearah lebih baik lagi.

“Kalau selama ini, camat sangat sulit dihubungi. Apalagi saat hari libur, seperti akhir pekan. Bagaimana kalau ada kejadian yang tidak diinginkan menimpa masyarakat bila seperti itu.”

Pihaknya berharap, dengan adanya kenaikkan tunjangan tersebut dapat meningkatkan kinerja aparat dikecamatan maupun lurah. Agar perubahan daerah kearah lebihbaik lagi dapat segera terwujud. Dengan terlaksananya seluruh program digaungkan oleh pemerintah, khsusu di Bumi Ragem Tunas Lampung itu. Hingga dapat menyentuh seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

“Harapannya, kepada camat untuk dapat merangkul seluruh satker yang berada di daerahnya. Untuk sama-sama turun melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. (Basri)