Truk Bermuatan Padi 8 Ton Patah As Roda Saat Lewati Jalan Rusak di Yukum Jaya

0
327

Lampung Tengah, buanainformasi.com – Sebuah truk bermuatan padi kering bermuatan 8 ton terguling karena mengalami patah as, Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Tengah melakukan evakuasi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, evakuasi ini sebagai reaksi cepat untuk menghindari kemacetan di kilometer 68 jalan Raya Lintas Sumatera, Kelurahan Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kamis (22/3).

Mobil truk colt diesel BG 8201 YC bermuatan padi kering dengan berat 8 ton mengalami patah as karena kondisi jalan lintas Sumatera rusak dan banyak lubang besar sehingga sang sopir kesulitan memilih jalan yang akan dilaluinya.

Menurut keterangan sang sopir, Hatni, truk yang dikemudikannya akan membawa gabah tersebut dari Kotabumi menuju Bandar Lampung.

 

”Rencananya padi ini akan kita bawa dari Kotabumi ke Bandar Lampung, namun di jalan yang banyak lubang ini saya sudah mengemudikannya dengan perlahan tapi mobil tiba-tiba patah sehingga terguling dan muatan tumpah ke jalan raya,” terang Hatni.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Lampung Tengah AKP Mubiarto Banu mengatakan, setelah mendapat laporan dari anggotanya, ia segera memberikan perintah untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan alat berat berupa excavator yang dipinjam dari PT Wika yang sedang mengerjakan proyek jalan tol tidak jauh dari tempat kejadian.

”Sedangkan muatannya kami pindahkan ke truk yang lain untuk mencegah kemacetan karena ini jalur padat,” jelas Mubiarto Banu.

Terkait kondisi jalan lintas Sumatera yang saat ini banyak mengalami kerusakan, Kasat Lantas mengimbau kepada para pengguna jalan agar berhati-hati dan jangan melebihi muatan yang ditentukan.

”Kami mengimbau kepada para pengguna jalan yang melintas di jalur lintas Sumatera untuk selalu berhati-hati karena saat ini jalan banyak lubang dan juga sering terjadi hujan, dan juga jangan sampai muatannya berlebihan sehingga tidak menyebabkan kecelakaan,” pungkasnya.(*)