TK-PHBS Lampura Sosialisasi Prilaku Hidup Beraih dan Sehat

0
496
(PHOTO:DOC.BUANA)
(PHOTO:DOC.BUANA)
(PHOTO:DOC.BUANA)

Lampung Utara,buanainformasi.com-Tim Koordinasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (TK-PHBS) Kabupaten Lampung Utara, Gelar rapat koordinasi teknis pemasyarakatan prilaku hidup bersih dan sehat Rabu (25/8/2015)

Rakor yang dipimpin langsung oleh ketua Tim Ir.Hi. Azwar Yazid,MM yang juga selaku Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) ini didampingi oleh Wakil Ketua Tim Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara Edwar dan dihadiri oleh beberapa satuan kerja perangkat daerah, Kepala Sekolah tingkat SD sampai SLTA, RSU Rya Cudu, Beberapa pihak Puskesmas,seluruh Camat dan Lurah setempat.

Dalam rapat ini membahas tiga agenda pokok diantaranya mengenai penaggulangan sampah yang semakin menumpuk  sehingga membahayakan kesehatan masyarakaat. “cara menangani, mengelolala dan meminimalisir volume sampah di kawasan perkotaan khususnya di Kota Kotabumi, yang jumlahnya dari hari kehari semakin meningkat, baik sampah rumah tangga, sampah kantor, sampah pasar, sampah pertokoan maupun sampah industri rumah tangga, termasuk sampah kategori limbah rumah tangga, limbah B 3 maupun limbah medis, agar tidak menjadi ancaman yang membahyakan kehidupan dan penghidupam masyarakat” Jelas Azwar usai membuka acara.

Bahkan menurut mantan Asisten II ini ” bila perlu sampah yang ada dapat dikelola agar memiliki Nilai-nilai produktif melalui penerapan Prinsif ( 3 R ) yaitu Reduse (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (membuat ulang/daur ulang).” Jelasnya.

Selain mengenai sampah dalam rakor ini juga membahas bagaimana meningkatkan jumlah dan luasan ruang tebuka hijau ( RTH ) kota, serta memperbanyak jumlah vegetasi pepohonan, yang berfungsi sebagai penjerat dan penyerap polutan, pemecah angin, penangkis matahari, pembatas pandang, pengarah lalu-lintas dan produksi kebisingan”  disamping untuk memperbanyak produksi oksigen serta menjaga kelembaban udara di kawasan perkotaan agar kedepan kawasan Kotabumi ini, menjadi sebuah kawasan Ibu Kota Kabupaten yang representatif, layak huni dan ramah terhadap lingkungan” Tegasnya.

Sementa itu poin Ketiga rappat ini membahas Bagaimana membangun komitmen bersama antara Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat Lampung Utara, untuk memliki kepedulian serta memimplementasikan prilaku hidup bersih dan sehat, sebagai suatu budaya dalam praktek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam kehidupan sehari-hari.”rakor ini kita lakukan berdasarkan arahan yang diberikan oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, dan harus ditindak lanjuti dengan mengadakan peninjauan dilapangan di setiap titik lokasi percontohan” Tegas Azwar. (BS)