Tingkatkan Jiwa Disiplin dan Cinta Tanah Air Dengan PBB

0
608
Tingkatkan Jiwa Disiplin dan Cinta Tanah Air Dengan PBB
Tingkatkan Jiwa Disiplin dan Cinta Tanah Air Dengan PBB

BUANAINFORMASI- Dalam rangka  memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat yang ke-25  tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Lampung barat Melalui Dinas Pendidikan menggelar Lomba baris-berbaris (PBB)  antar siswa-siswi SD,  SMP,  SMA/SMK se-Kabupaten yang dimulai dari jalur dua,  depan Hotel Permata dan berakhir di Lapangan Indra Pati Cakra Negara Pemkab Lambar, Minggu (25/09/2016)

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari menyampaikan harapan kepada para peserta yang mengikuti acara untuk sebaik-baiknya  karena kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkain kegiatan HUT Lambar yang ke-25 atau di sebut sebagai tahun perak. Lomba baris berbaris selain upaya masyarakat untuk mewujudkan segala keterampil, yang  dimulai dari sekolah dasar sampai dewasa . “hal ini untuk mengasah  anak dalam mewujudkan bersama kedisiplinan bagaimana pun juga 1 barisan kelompok baris berbaris mencapai  30 orang”, Jelasnya.

“Perlombaan PBB Kreasi bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai disiplin dalam jiwa pemuda-pemudi Indonesia, meningkatkan semangat Bela Negara sebagai generasi penerus dan pewaris bangsa, agar semangat wawasan kebangsaan tidak luntur yang tergerus oleh arus moderenisasi, memperkuat solidaritas meningkatkan jiwa sosial dalam kehidupan berbangsa, mewujudkan generasi muda yang kepribadian bermental tangguh, mandiri, dan peduli serta memegang teguh nilai dan norma yang ada di masyarakat, agar generasi muda dapat meningkatkan rasa bangga dan cinta tanah air.PBB Kreasi ini merupakan dasar yang dikombinasikan dengan Kreasi untuk memperindah gerakan secara kelompok”, ujar Wakil Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Drs. Nukman MS MM selaku penanggung jawab acara tersebut menyampaikan guna memeriahkan HUT Kab.Lambar ke-25 pemkab mengelar lomba gerak jalan dan PBB dengan jumlah peserta yang telah terdaftar untuk tingkat SD sebanyak 527 orang dari 17 SD dari jenjang SMP sebanyak 1.240 orang yang berasal 40 sekolah,  sedangkan untuk tingkat SMA/SMK pesertanya sebanyak 620 orang dari 20 siswa sekolah di Kabupaten Lambar.

kegiatan penilain lomba PBB yaitu untuk di Pos I dengan penilain seragam dan yel -yel sedangkan di pos 2 variasi gerakan berjalan dan kerapian barisan saat berjalan, selanjutnya di pos 3 diantar  sikap sempurna, istirahat, lancang kanan, lancang depan, hadap kiri dan kanan, serong kanan dan kiri, balik kanan, hitung periksa kerapian dan jalan ditempat.

Kapala pendidik menjelasakan untuk tingkat SD setiap kecamatan mengirimkan satu pleton dengan jumlah setiap pleton 31 orang sedangkan dari SMP dan SMA  seluruh sekolah yang ada di kabupaten Lambar.” Untuk kostum bisa di krasikan serta tidak di perkenankan memakai kaos olahraga atau training”, Ujarnya.

Kemudian peserta nantinya akan menempuh perlombaan ini sepanjang jarak sekitar 3 km yang akan di nilai oleh 10 dewan juri, lima orang dari kodim, dan 5 orang dari purna paskibraka. “ para peserta tidak perlu khawatir karena pihak panitia telah menyediakan berbagai hadiah yaitu untuk juara I,II dan III masing-masing Kategori  akan mendapatkan hadiah berupa piala,piagan dan dana pembinaan.(RilisHumas/Editor Buana )