Tahun ini, Desa Gelap Di Lampung Tengah Akan Di Aliri Listrik

0
422

Lampung Tengah, buanainformasi.com – Desa Pekandangan Kecamatan Pubian Lampung Tengah yang masih masih gelap, rencananya tahun ini akan segera dibangun jaringan listrik di wilayah tersebut.Hal ini terungkap saat audiensi antara Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa dengan PT. PLN Wilayah Lampung di Rumah Dinas Bupati.

Mustafa mengatakan beberapa wilayah di Lampung Tengah memang belum teraliri listrik. Karenanya perlu dilakukan sejumlah langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Alhamdulillah PT. PLN punya program yang dikolaborasikan dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama mengatasi permasalahan listrik di wilayah Lampung Tengah. Di Kampung Pekandangan ada sekitar 200 kepala keluarga yang belum bisa menikmati listrik, ini akan segera kita upayakan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, target pertama pembangunan jaringan listrik adalah Kampung Pekandangan Pubian dan kedepan bakal dilanjutkan ke beberapa kampung yang memang belum tersentuh listrik.

Diakuinya, masih terdapat kendala kondisi infrastruktur untuk pendistribusian jaringan. “Jembatan untuk masuk keluar masuk kendaraan besar masih belum memadai, karena belum permanen. Akan kita carikan solusinya, mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun ini,” imbuh bupati.

Pemkab sendiri, kata dia, telah mencanangkan program Lampung Tengah Terang dimana setiap kampung-kampung wajib memasang lampu jalan agar kriminalitas berkurang.

“Ketika ada kampung yang belum teraliri listrik tentunya ini permasalahan yang harus diselesaikan,” pungkas dia.

Sementara itu, Daryono General Manager PLN Distribusi Lampung menuturkan PT. PLN memiliki program PLN Terang dengan target desa-desa yang masih gelap atau belum teraliri listrik.

“Untuk menunjang program ini tentunya dibutuhkan dukungan dan sinergitas pemerintah daerah. Alhamdulillah pak bupati punya semangat yang sama untuk membangun daerah. Beliau sangat mendukung, mudah-mudahan dengan dukungan beliau program ini dapat segera direalisasikan,” ucapnya.

PLN, sambungnya, juga mempunyai program penyambungan gratis bagi 100 pelanggan yang telah masuk dalam basis data terpadu program penangan fakir miskin (TNP2KN).

“Ini adalah program CSR dari PLN, bentuk social kami kepada masyarakat miskin yang belum memiliki jaringan listrik. Terkait pengembangan listrik di desa-desa, kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik,” tandasnya.(H)