Suttan Jaya Kesuma IV: Lampung Tengah Beruntung Dipimpin Bupati Mustafa

0
326

Lampung Tengah, buanainformasi.com – Hadir dalam acara pemberian adok kepada 311 tokoh masyarakat Lampung Tengah, Rabu malam 19/7/2017, Pejabat Kerajaan Skala Brak Kepaksian Bejalan Diway, Suttan Jaya Kesuma IV mengungkapkan rasa bangganya bisa menyaksikan gelaran Gawi Agung Lampung Tengah.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas gelar adat yang diterimanya yakni Suttan Selayar Akbar Puspa Negara. Dia berharap pemberian gelar adat akan meningkatkan persaudaraan masyarakat Lampung dari berbagai kerajaan atau kesuttanan.

“Sebelumnya Pak Bupati Mustafa juga telah diangkat menjadi saudara oleh Kepaksian Bejalan Diway. Dan kini saya hadir menerima gelar adat dari kebuayan Jurai Siwo. Saya harap ini akan semakin meningkatkan kekerabatan yang telah dijalin,” ucap Suttan Jaya Kesuma IV.

Menilik dari sejarah, menurutnya Lampung Barat dan Lampung Tengah memiliki keterikatan yang harus dijaga. “Ada benang merah antara kerajaan di Skala Brak di Lampung Barat dengan 9 kebuayan Jurai Siwo di Lampung Tengah. Untuk itu persaudaraan ini harus terus kita jaga sampai kapanpun,” imbuh dia.

Ia juga mengungkapkan apresiasinya terhadap Bupati Mustafa yang telah menyelenggarakan acara adat yang dapat melibatkan masyarakat dari berbagai elemen.

“Lampung Tengah beruntung memiliki bupati seperti beliau yang mempunyai kepedulian besar terhadap adat istiadatnya. Beliau mau berupaya melestarikan budaya yang dimiliki. Saya apresiasi sekali dan merasa beruntung bisa hadir ditengah-tengah acara Gawi Agung Lampung Tengah,” pungkasnya.(*/H