Sumsel Akan Bangun Sekolah Jurnalistik Standar Interanasional

0
504
Pembukaan Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) di Hotel Aryaduta Palembang. (foto, agus)
Pembukaan Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) di Hotel Aryaduta Palembang. (foto, agus)

Palembang, buanainformasi.com- Sumatera Selatan akan menjadi daerah pertama di ASEAN yang membangun sekolah jurnalistik bertaraf Internasional. Nantinya akan didirikan sebuah gedung untuk pusat wartawan se-ASEAN dan direncanakan dibangun di Jakabaring. Sedangkan untuk biaya belum diperincikan termasuk sumber dananya sedang dipikirkan dan apakah memakai APBN atau APBD, pasti ada dana dari daerah setidaknya untuk merancangnya. Kabar dilansir dari sumajaku.com 12/02/2014/ 21:00 Wib.

Hal tersebut dikatakan Gubernur, Sumsel, H Alex Noerdin usai secara resmi membuka Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) di Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (11/2).

Lanjutnya, pusat pendidikan ini pesertanya juga dari negara-negara ASEAN dan dengan sendirinya mereka akan menulis tentang Sumsel dan tamu-tamu wartawan di Sumsel. Selain itu, diupayakan dalam waktu dua tahun bisa selesai dan mungkin bisa lebih cepat dari itu.

Selain pusat pelatihan wartawan se Asean, di Jakabaring nantinya juga ada berbagai universitas berstandar Internasional, dengan demikian kota Palembang bisa menjadi pusat pendidikan dan berkelas dunia. Kita akan bangun, tapi tidak tanggung-tanggung. Jadi harus berstandar internasional atau tidak sama sekali.

Alex berharapan dengan berdirinya pusat pelatihan wartawan se Asean ini nantinya, Sumsel semakin dikenal dan barulah menarik keuntungan termasuk jalin kerjasama-kerjasama dengan negara Asean itu sendiri.

Sementara itu, Ketua PWI , Margiono melalui Sekretarisnya mengucapkan Selamat datang di Palembang, Sumatera Selatan  bagi seluruh peserta. “Selamat datang di Palembang, dimana kota ini telah menjadi rumah Sekolah Jurnalistik Indonesia dan sekarang Palembang menjadi lebih spesial karena Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin  berkomitmen untuk mendukung CAJET dan program di masa mendatang,” ucapnya.

Sambungnya, Palembang telah menjadi salah satu kota yang terpenting di ASEAN karena akan memberikan tenaga-tenaga kerja media yang berkompeten dan membantu memperkuat semangat ASEAN di antara kita.

Akhmad Kusaeni selaku Sekretaris Permanen CAJ  juga mengucapkan selamat datang di kota Palembang, kota yang penuh sejarah dengan pusat kerajaan sriwijaya yang berpengaruh hingga kawasan asean.

Ia menjelaskan bahwa CAJ didedikasikan untuk memajukan jurnalistik, mempromosikan kebebasan dan tanggung jawab pers; menjalin hubungan yang lebih erat antara wartawan di ASEAN dan kawasan lain. Serta mempromosikan pemahaman yang lebih besar antara masyarakat ASEAN untuk bekerjasama dalam mencapai kesejahteraan keadilan sosial dan perdamaian.

Disamping itu, CAJ juga mengartikulasikan aspirasi masyarakat ASEAN, sentimen, urusan, dan kepentingan sehingga negara-negara ASEAN akan lebih baik dipahami dan dihargai oleh orang di seluruh dunia.

Ditemui sehabis acara, Presiden CAJ, Benny Antiporda mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin karena mendukung penuh event ini sehingga event ini dapat dilaksanakan dengan sukses. (Red/Pelaksana)