Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Keuangan

0
631

Lampung Utara, buanainformasi.com-Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara.S.STP.,M.H menghadiri acara Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Tahun 2014 yang Memperoleh Kursi Di DPRD Kabupaten Lampung Utara Tahun Anggaran 2016, Bertempat di Ruang Siger Pemkab Lampura (31/1).Jumat (01/04/2016)

Dalam acara ini Bupati Lampung Utara memberikan dana bantuan kepada 11 Partai Politik, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), partai bulan bintang (PBB), Partai Keadilan Dan Persatuan Indonesia (PKPI)

Di acara Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Keuangan, bupati menyampaikan sambutannya, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008, menyatakan bahwa Partai Politik adalah organisasi yangbersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sebagai penunjang kegiatan partai politik, dan untuk biaya operasional sekretariat partai, diperlukan dukungan pendanaan yang memadai. Oleh Karena itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2015  tentang APBD Kabupaten Lampung Utara 2016, menetapkan besaran bantuan keuangan kepada Partai politik, yaitu  sebesar Rp. 1.034.000.000,- (Satu Milyar, Tiga Puluh Empat Juta Rupiah),

Pada hari ini, Bantuan tersebut direalisasikan sebesar Rp. 1.033.992.000,- (Satu Milyar, Tiga Puluh Tiga Juta, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Dua Ribu Rupiah) untuk 11 (sebelas) partai politik  peserta Pemilu 2014, yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Lampung Utara periode 2014–2019.

Bantuan keuangan kepada partai politik ini dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan partai politik, sebagai sarana pendidikan politik bagi anggotanya dan masyarakat. Oleh karenanya, diperlukan pemahaman dalam penggunaannya agar tidak menyimpang dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku, maka dari itu, pada hari ini kita hadirkan pula Nara sumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Lampung untuk memberikan Sosialisasi tentang tertib administrasi dan pertanggungjawaban menyangkut bantuan keuangan tersebut.  Saya harap, kepada Nara Sumber dalam menyampaikan sosialisasi nanti dapat menjelaskannya secara gamblang, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan.

Politik memiliki peran dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembangunan. Untuk itu, mari kita semua, bergandengan tangan, menjaga silaturahim, saling berkomunikasi dan berkoordinasi, serta menyatukan persepsi, agar cita-cita pembangunan dapat berjalan dengan baik dan segera terwujud.

Saya yakin, kita semua yang hadir disini, sangat menginginkan kemajuan Kabupaten Lampung Utara, agar kedepan bumi “Ragem Tunas Lampung” ini dapat menjadi salah satu Kabupaten yang unggul dan diperhitungkan di Provinsi Lampung, dengan mewujudkan masyarakat yang Aman, Maju, Sejahtera, Agamis dan Bermartabat.(Red/Humas)