Sosialisasi Analisis Kebutuhan Peningkatan Kompetensi OPD

0
274
Sosialisasi Analisis Kebutuhan Peningkatan Kompetensi OPD
Sosialisasi Analisis Kebutuhan Peningkatan Kompetensi OPD

Bandar lampung, buanainformasi.com-Pemerintah Provinsi Lampung berupaya mempersiapkan sumber daya manusia agar memiliki kompetensi dan daya saing yang kuat di pasar global, serta secara berkesinambungan melakukan pembinaan. Sehingga penguatan kompetensi dan daya saing itu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan dalam Gubernur Lampung Ridho Ficardo yang dibacakan Sekda Provinsi Sutono saat menghadiri Sosialisasi Analisis Kebutuhan Peningkatan Kompetensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Aula BPSDM, Kamis (2/3/2017).

Lebih lanjut Sutono menyampaikan upaya ini termuat dalam suatu frame Lampung Kompeten, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Gubernur Lampung pada 12 Oktober 2016 lalu. “Lampung kompeten dapat menjadi back bone terwujudnya reformasi birokrasi di Pemerintah Provinsi Lampung. Terutama dari sisi peningkatan kompetensi ASN dalam rangka meningkatnya kualitas pelayanan publik,” ujar Sekda.

Dilanjutkan, tuntutan kompetensi ASN yang semakin tinggi dan semakin luas serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, menuntut kesiapan aparatur untuk beradaptasi serta mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Untuk itu pendekatan dalam pengembangan kompetensi SDM aparatur membutuhkan berbagai program peningkatan kompetensi  (diklat, bimtek, workshop, seminar, Kursus) yang berbasis kebutuhan aktual.

“Gubernur Lampung mendukung terlaksananya kegiatan Analisa Kebutuhan Peningkatan Kompetensi, sehingga isu- isu strategis dan kebutuhan peningkatan kompetensi dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (ODP). Sehingga peningkatan penyelenggara Pemerintah daerah dan pelayanan publik dapat tergali dan teridentifikasi,”  kata Mantan Kepala Dinas Kehutanan ini.

Ditambahkannya, diperlukan berbagai upaya untuk menjadi daerah yang maju. Diantaranya adalah peningkatan sumberdaya manusia, pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan dan penciptaan iklim usaha kondusif untuk peningkatan investasi. Selain itu peningkatan kemampuan aparatur pemerintahan yang mendukung terwujudnya organisasi berkewirausahaan, pemanfaatan iptek dan inovasi serta ketersediaan infrastruktur fisik, teknologi, dan komunikasi. Hal Sesuai dengan Visi pembangunan Provinsi Lampung tahun 2015-2019 yaitu Lampung Maju dan Sejahtera. (Red/Humas)