Siti Aminah Janda Katarak Yang Terabaikan

0
737

Tulang Bawang Barat,buanainformasi.com- Siti Aminah (80) janda tua penderita katarak  warga Kecamatan Tulang Bawang  Udik  Kabupaten Tulang Bawang  Barat Provinsi Lampung.  ia mengalami penyakit buta katarak di usianya yang sudah setua ini dan hingga kini dirinya tak pernah tersentuh bantuan dari Pemerintah baik dari Dinas Kesehatan maupun Dinas Sosial,Sabtu (7/11/2015)

Janda tua renta yang menderita penyakit buta katarak ini,Sudah menderita penyakit katarak selama 14 tahun, kini ia tinggal bersama cucunya Suryadi (24), di Desa Karta Raharja  Rk 07 Rt 28  kecamatan Tulang Bawang Udik kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung.

Siti Aminah mengungkapkan karena penyakit yang di derita,  dirinya sudah tak dapat bekerja lagi, jangan kan untuk berkerja untuk melangkah saja terbata-bata menuju tempat lain, bahkan ketika akan kembali tempat tidur ia harus di tuntun  karena kondisi matanya tidak bisa melihat. Ungkap Siti Aminah.

Lanjut Aminah, untuk mempertahan kan hidup, ia hanya mengharapkan belas kasih dari  sang cucu yang hanyalah seorang buruh serabutan.kata dia.

Hal senada diungkapkan Suryadi cucu dari Siti Aminah, Neneknya sudah  mengalami buta katarak selama 14 tahun, tidak bisa melihat, ia sendiri lah yang mengantarkan. “Nenek saya sudah  mengalami buta katarak selama 14 tahun, tidak bisa melihat, ia sendiri lah yang mengantarkan karena jika tidak diantar ya tidak bisa jalan, selain itu juga sering sakit batuk, asma dan panas dingin. Tetapi sakit yang paling dirasa asmanya dan sakit kepala.” ungkap Surya.

Surya juga menambahkan, ia hanya membawa neneknya ke Puskesmas saja  ketika neneknya sakit, tidak menggunakan BPJS karena selama ini blum ada bantuan  sosial, pengecekan dari dinas kesehatan dan instansi terkaitm,jelas Surya.

Dirinya  hanya berharap akan adanya perhatian dari pemerintah  setempat dan dari kesehatan. Karena hingga saat belum pernah ada bantuan dari dinas kesehatan maupun dinas sosial untuk mengurangi beban hidup yang selama ini dialaminya, besar harapanya ke pada pemerintah Pusat,Provinsi maupun Kabupaten untuk membantu neneknya,pungkas surya. (Hendra)