Serap Aspirasi Guna Tanggulangi Banjir

0
405

Pesawaran, buanainformasi.com-   Dalam menyikapi musibah banjir akibat memasuki musim penghujan, Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM),Ormas serta  insan pers  wilayah kerja di kecamatan padang cermin dan sekitarnya menggelar  “dengar pendapat” dengan unsur  uspika yang bertempat di Komando Rayon  Militer 421-05/ PDC,Kecamatan Padang Cermin.Sabtu(26/3).

Kapten.(inf) Sukamdi selaku Koramil wilayah Padang Cermin dan sekitarnya menjelaskan,tujuan diadakan pertemuan denga ormas,LSM serta para awak media  ,selain silaturohmi juga ingin mendengar saran serta masukan dari masing-masing pihak dalam hal pencegahan serta menjaga kebersamaan dalam segala bidang, guna kesejahtraan dan kenyamanan masyasakat yang ada khususnya di Kecamtan Padang Cermin,Punduh Pedada,Teluk Pandan serta Marga Punduh.

Sukamdi juga menambahkan,ide pertemuan ini merupakan gagasan Komandan , sedianya undangan pertemuan ini akan dihadiri Komandan Kodim 0421/LS,Letkol.(inf). I.Ketut Wardhana,namun setelah melakukan perjalanan ke padang cermin berbalik arah kembali ke Bandar Lampung  atas panggilan Komandan Korem 043 Gatam.

Terungkap dalam pertemuan ini,sebab dan akibat banjir di Kecamatan Way Ratay,Kecamatan Marga Punduh dan Punduh Pedada selain kehendak  Tuhan Yang maha Esa,tidak terlepas dari ulah manusia sendiri,seperti Penebangan pohon yang berakibat Gundulnya Gunung , sehingga mengakibatkan longsor menjadikan pendangkalan sunggai di hulu hingga hilir,sementara untuk hilir sendiri telah terjadi sumbatan aliran sunggai yang telah banyak hamparan tambak yang mengakibatkan penyempitan aliran sungai di daerah muara,Ujar Rozali Mangku Desa.

Sementara Rohimi,AR ( LSM Kompak) berharap agar pihak apatur pemerintahan dapat sesegera mungkin melakukan penertiban serta bertindak tegas dalam penertiban  baik pelaku penenbangan kayu  maupun para pengusaha tambak,karena mereka telah merugikan warga masyarakat ,sementara pemenpaatan yang ada hanya kepentingan pribadi tidak ada manfaat bagi masyarakat sekitar.

Dendi Ramadhona , Bupati Pesawaran  saat Pengajian di Desa Hanura mengatakan, pemerintah Kabupaten segera melakukan inventarisir serta melakukan penertiban  dan mengharuskan pengusaha tambak  membuka selebar-lebarnya  serta membuat renase di sekeliling tambak  sehingga aliran sungai kemuara lancar  tanpa hambatan,ujar Dendi.(Sumber : Iwaviton/Red)