Sepi Pembeli, Ahok Akan ‘Ratakan’ Blok G Pasar Tanah Abang

0
478

pasar-blok-g-tanah-abang_663_382Buanainformasi.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, berencana membongkar bangunan Pasar Blok G Tanah Abang. Bangunan tersebut dibongkar untuk diperbaharui.

“Kami bongkar habis. Mungkin kami akan bangun jadi pasar yang modern,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 1 April 2015.

Ahok mengatakan, dengan suasananya yang seperti saat ini, pasar yang dibangun di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo itu telah terbukti tidak bisa membuat betah pedagang.

Pengunjung pun, enggan menyambangi para pedagang yang sebelumnya berjualan di kaki lima kawasan yang terletak di Jakarta Pusat itu.

Jika direnovasi, kata Ahok, DKI mengeluarkan biaya yang lebih tinggi. Sementara itu, bila dibangun ulang, bangunan Blok G bisa dengan lebih mudah dihubungkan ke bangunan Blok A dan Blok B yang telah terbukti jauh lebih ramai dikunjungi pembeli daripada Blok G.

“Kami sambungin ke Blok A dan Blok B biar seolah-olah manfaatin lakunya orang,” ujar Ahok.

Pembangunan gedung ini rencananya dilakukan melalui mekanisme tender kepada perusahaan swasta.

Dengan cara itu, perusahaan pemenang tender akan memiliki hak pengelolaan pasar selama beberapa tahun. Namun, sesuai kesepakatan, hak kepemilikan gedung dan pengelolaan pasar nantinya akan dikembalikan sepenuhnya kepada Pemprov DKI.

“Ini caranya biar kami enggak keluar duit. Cuma pembagiannya mesti dibikin lebih jelas buat kami,” kata Ahok. (sumber : Viva.co.id)