Seorang Kakek Alami Luka Bakar Serius Dalam Kebakaran Rumah di Sukoharjo

0
282

Pringsewu, buanainformasi.com – Kebakaran terjadi di Pekon Siliwangi, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu tadi pagi, Kamis (8/3) sekitar pukul 08.30 WIB. Sebuah rumah semi permanen nyaris rata dengan tanah akibat dimakan api yang berkobar.

Bahkan salah satu penghuni rumah, lelaki tua yang sedang menderita dan terbaring sakit mengalami luka bakar cukup serius dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan intensif.

Sedangkan istrinya, saat itu sudah keluar rumah ke kebun bersama anak dan menantunya. Sementara dirumah sederharana itu hanya seorang lelaki tua yang terbaring sakit.

Tiba-tiba ada tetangganya yang berteriak keras adanya kebakaran dan spontan tetangga berdatangan untuk memadamkan api dengan alat seadanya, namun api malah semakin membesar. Seorang warga segera menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Pringsewu.

Selang 15 menit, satu unit mobil damkar dan satu mobil patroli damkar dipimpin Komandan Damkar Thabarani dengan membawa sekitar 40 anggota langsung melakukan aksi pemadaman dan membantu mengevakuasi lelaki tua yang sebagian pakaian dan tubuhnya terbakar.

Hingga tidak sampai 10 menit api dapat dijinakan sampai benar-benar padam. Sedang petugas lainnya membawa lelaki tua yang dibeberapa bagian tubuhnya terbakar ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif.

 

“Alhamdulillah api dapat kita atasi sampai padam dalam waktu 10 menit saja. Bahkan kami dapat menyelamatkan nyawa lelaki tua,” kata Thabrani didampingi Kepala BPBD Kabupaten Pringsewu M.Khotim.

Peristiwa kebakaran yang merupakan atraksi simulasi tim Damkar Pringsewu tentang cara penangan dan mengatasi kebakaran dengan cepat sekaligus memberikan pertolongan kepada korban.

Simulasi itu berlangsung di sela-sela upacara peringatan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar) yang jatuh pada 1 Maret 2018. Digelar oleh Pemkab Pringsewu, berlangsung di Lapangan Pekon Silwangi, Kecamatan Sukoharjo, Kamis (8/3). Upacara pada pagi itu dipimpin Wakil Bupati Pringsewu H. Fauzi, diikuti seluruh personil Damkar, para kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Pringsewu.

Fauzi membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo, meminta kepada Damkar agar terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, serta mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman, khususnya kejadian kebakaran.

Bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, sesuai dengan amanah Nawacita pertama. Yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

“Saya mengajak seluruh jajaran Damkar Kabupaten Pringsewu untuk tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harap Fauzi.

Pada HUT Damkar yang ke-99 tahun, diharapkan terus meningkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan, guna perlindungan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan negara ini, katanya.(*)