Seminar Pendidikan Lampung Bermartabat

0
610

BIC, Bandar Lampung-Kegiatan Seminar Nasional Bekerja sama dengan IAIN Raden Intan Lampung dan PemProv, bertajuk Pendidikan Lampung Bermartabat, acara berlangsung di Hotel Horison Bandar Lampung. Kamis (10/12/2015)

Ahiruddin selaku Sekretaris kegiatan mengatakan, hingga kemarin sekitar 200 peserta yang mendaftar untuk mengikuti seminar, Para peserta yang mengikuti seminar ini mulai dari kepala Dinas Pendidikan kabupaten maupun kota. Ketua Musyawarah Guru Kepala Sekolah (MKKS) se-Lampung, guru, pengawas sekolah, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Seminar ini tidak hanya menghadirkan pakar pendidikan, tetapi juga dari pihak eksekutif dan Dewan Pendidikan, yaitu Rektor IAIN Raden Intan Moh Mukri, Direktur Pascasarjana Unila Sudjarwo, guru besar UPI Bandung Udin Safiudin, Kepala Kemenag Lampung Suhaili, Kadisdikbud Lampung Hery Suliyanto, dan Ketua Dewan Pendidikan Lampung Machfud Santoso.

Ahiruddin mengatakan untuk melakukan akselerasi mutu pendidikan Lampung ada lima hal yang harus diperbaiki, yaitu komitmen terhadap pendidikan, terutama dari pihak legislatif dan eksekutif, filosofis tentang pendidikan, sistem pemberdayaan guru, sistem manajemen pendidikan, serta metode dan teknologi pembelajaran dalam kelas. “Kami berharap dalam diskusi ini semua bisa dikupas dan dibahas, sehingga hasilnya bisa menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan di bidang pendidikan.” kata dia.

Ditambah dengan adanya komitmen Gubernur untuk membebaskan biaya sekolah hingga tingkat menengah atas pada 2016. Ini tentunya membutuhkan langkah strategis dan efektif sehingga program ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta menghasilkan Manusia yang bermutu. “Ini menjadi tantangan sekaligus cambuk bagi kita semua, terutama stakeholder Provinsi Lampung, agar senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan semaksimal mungkin.” Tutupnya(Ilman)