Sekda Lampura Tinjau Pengerukan Aliran Sungai

0
623

Lampung Utara,buanainformasi.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Utara (Lampura), Samsir, meninjau pengerukan tanah dialiran Sungai Kali Umban, yang terdapat di Kelurahan Sribasuki, Kecamatan Kotabumi Kota, daerah setempat, Senin (14/9/15).

Samsir mengatakan, pengerukan tanah dialiran sungai Kali Umban yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu upaya menormalisasikan sungai yang dinilai telah tercemar akibat tumpukan sampah dan tanah.

Penumpukan sampah dan tanah tersebut, dikarenakan banyaknya masyarakat yang kurang memahami pentingnya merawat sungai guna kelangsungan hidup manusia. “Pengerukan ini juga salah satu upaya persiapan dalam menghadapi banjir,” ujarnya.

Kedepan, lanjut dia, pengerukan tanah dialiran sungai tersebut akan terus digiatkan oleh Pemerintah dan khusus untuk sungai Kali Umban akan dilakukan pengalian sepanjang 300 meter. “Kita akan terus lakukan kegiatan ini, sepanjang anggarannya masih ada,” janjinya.

Berkenaan dengan itu, dirinnya menghimbau kepada masyarakat Lampura untuk mendukung upaya Pemerintah dalam merawat sungai-sungai yang ada. Sebab, tanpa adanya dukungan dari masyarakat maka program yang dijalankan tidak dapat berjalan dengan lancar. “Jaga sungai kita, jangan membuang sampah disungai dan sembarang tempat,” tutupnya.

Perlu diketahui, peninjauan pengerukan sungai Kali Umban yang dilakukan oleh Sekda Lampura berikut jajarannya tersebut berlangsung kurang lebih 20 menit. Dimana pada saat meninjau Samsir memantau para pekerja dari atas jembatan. (K/Basri)