Sejumlah Desa di Pringsewu Belum Paham Aplikasi Sistem Keuangan Desa

0
267

Pringsewu, buanainformasi.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (PMP) Kabupaten Pringsewu menilai masih banyak pekon (desa) di Pringsewu yang belum memahami tentang aplikasi Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) sebagai proses pencairan Dana Desa.

Padahal pencairan Dana Desa (DD) 2018 di Kabupaten Pringsewu pada pekan depan atau sebelum akhir Maret. Untuk itu, pendamping desa dapat membimbing proses pencairan melalui aplikasi SisKeuDes.

Menurut Sekretaris Dinas PMP Ivan Kurniawan mewakili Kadis Malian Ayub, pihaknya segera mengambil langkah menggelar rapat kerja teknis tentang pemgembangan Aplikasi SiskeuDes 2018 di aula rapat dinas setempat, Rabu (14/3).

Diikuti sembilan pendamping desa dan sembilan operator SisKeuDes dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu. Narasumbernya dari petugas Admin SisKeuDes DD Kabupaten Pringsewu H. Dio PW. Didampingi para Kasi di PMP seperti Suharti, Suprayitno dan Sulistiono. “Acara ini juga sebagai konsolidasi bagi petugas operator baru,”kata Ivan.

Sekretaris Dinas PMP menjelaskan bahwa aplikasi Sistem Keuangan Desa adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP) yang diperuntukkan bagi kebutuhan pengelolaan keuangan desa.

 

Sedang pengembangan aplikasi SisKeuDes berdasarkan atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, PP Nomor 43 Tahun 2014 juncto PP Nomor 47 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. PP Nomor 60 Tahun 2014 juncto PP Nomor 22 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.

Serta Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

“Juga PMK Nomor 247 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa,”imbuh Ivan Kurniawan.

Sementara itu petugas Admin SisKeuDeda DD Kabupaten Pringsewu H.Dio memaparkan bahwa penggunaan aplikasi dengan mode ODBC lebih disarankan dibandingkan dengan mode Direct Acces karena demi keamanan data.

“Namun untuk komputer yang sudah terlanjur terpasang Office 2007 sampai dengan 2013 agar menambahkan office acces 2003 sehingga dapat menggunakan fitur ODBC,”pintanya.

Namun untuk lebih mempermudah H.Dio membagikan aplikasi 2018 baru. Yang berminat aplikasi ini, bisa mengunduh, jika tidak bisa, maka bisa lewat link sumber Dinas PMP.

“Bagi pengguna pemula yang belum mengerti penggunaan aplikasi ini, bisa baca dan download petunjuk penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Drmesa (SisKeuDes),”imbuhnya.(*)