Sederet alasan pemerintah Jokowi-JK cabut subsidi listrik

0
533

Buanainformasi.com sederet-alasan-pemerintah-jokowi-jk-cabut-subsidi-listrikPemerintah Jokowi-JK berencana mencabut subsidi listrik 450 VA dan 900 VA tahun depan. Kementerian ESDM dan PLN tengah mematangkan pola distribusi listrik agar tepat sasaran ke rakyat miskin.

Selama ini subsidi listrik juga dinikmati orang kaya. Sebagian besar dari 44 juta pemakai listrik subsidi itu memiliki pendapatan di atas rata-rata. Mereka menikmati tarif listrik 30 persen lebih rendah dari harga keekonomian.

Pemerintah berencana mengubah pola pemberian subsidi listrik, tak lagi melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) tapi langsung ke masyarakat miskin.

“Jadi si pengguna listrik dapat kartu terus uang disalurkan lewat kartu. Lalu mereka beli listrik dengan harga keekonomian,” kata Menteri ESDM Sudirman Said.

Dengan dicabutnya subsidi listrik ke PLN maka tarif listrik otomatis naik. Rencana ini sudah dibahas dengan Komisi VII DPR. Hasilnya, legislator di komisi energi

menolak mentah-mentah rencana pemerintah. DPR mempertimbangkan keadaan ekonomi saat ini. Semua fraksi menolak usulan tersebut. “maka Komisi VII tidak bisa menyetujui kenaikan tarif listrik,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Tamsil Linrung.

Merdeka.com mencatat alasan di balik ngototnya pemerintah mencabut subsidi listrik. Berikut paparannya. (Sumber : Merdeka.com)