Sani Nenek Sebatangkara Yang Terabaikan

0
589

Lampung Utara, buanainformasi.com – Sani (80) warga Desa Taman Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung, ia hidup sebatang kara, tanpa satu pun sanak saudara kondisi kehidupan juga sangat  memperihatinkan,  untuk mempertankan hidup hanya mengharap belas kasih dari warga di sekitar, Jum’at (27/11/2015)

Nenek jompo sebatang kara tinggal di sebuah rumah geribik milik warga setempat, berdiding bambu lapuk, beratap bocor dan tidak layak huni. Tiap hujan datang dirinya harus tidur dengan kondisi basah, namun sangat di sayangkan di kondisi yang serba kekurangan seperti ini Sani hingga kini tidak pernah tersentuh bantuan dari pihak Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara baik itu Dinas Kesehatan maupun Dinas Sosial.

Menurut keterangan warga setempat kehidupan Sani terlantar  sejak suaminya meninggal dunia sepuluh tahun silam, setelah itu Sani tidak mampu berbuat apa-apa lagi. Setiap hari Sani hanya berbaring di tempat tidur yang terbuat dari bambu, untuk buang air pun dirinya tak dapat beranjak dari tempat tidurnya kehidupannya selama ini hanya mengharapkan uluran tangan dari para tetangganya.

Nenek sebatang kara ini tak mampu berbuat apa-apa, ia hanya duduk tertegun dengan pandangan hampa menatap bilik tempat ia berbaring, saat di sapa tak sepatah kata terucap dari bibirnya, sangat memprihatinkan melihat keadaan nenek renta ini untuk berdiripun ia harus di papah oleh tetangganya.

Menurut  Munawaroh (40) warga setempat, saat nenek Sani sehat biasanya ia berjalan di sekeliling rumah menggunakan tongkat kayu miliknya,  walau harus tertatih-tatih, ia terpaksa mengadahkan tangan mengharap belaskasihan warga yang melintasi jalan Desa di depan rumahnya,ungkapnya.

Lanjut Munawaroh, menjelaskan apabila nenek Sani sakit tidak ada yang mengurusnya dan tidak pernah berobat,katadia.

“Kami warga Desa Taman Jaya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial,  agar dapat memperhatikan nasib nenek Sani yang sangat memperihatinkan, kasian nasib nenek sani.” Ujar beberapa warga.

Di tempat yang sama beberapa warga mengatakan bahwa selama ini nenek sani belum pernah mendapatkan bantuan dari Dinas sosial baik program dalam bentuk apapun  begitupun tentang pengobatan, sepengetahuan mereka selama ini nenek Sani belum pernah mendapat bantuan pengobatan dari Pemerinta,tutup mereka. (siswanto)