Ruas Jalinbar di Tanggamus Rawan Longsor

0
525

Tanggamus, buanainformasi.com – Jalan Lintas Barat di ruas Jalan Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, rawan longsor. Retakan sekitar lima meter di tepi jalan tinggal menunggu waktu longsor. Jalan tersebut merupakan akses satu-satunya menghubungkan Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan daerah lainnya di Sumatra.

Warga setempat mengkhawatirkan jalan longsor terutama saat turun hujan deras. Tepi dinding jalan berupa tanah merah, sebagian sudah longsor, dan lainnya berupa retakan.

 

Saat hujan turun deras, air akan mengalir deras melewati jalanan yang terletak sekitar 70 kilometer dari kota Bandar Lampung itu. Pada Selasa malam, 3 April 2018, jalan tersebut banjir sehingga melumpuhkan lalu lintas hingga tiga jam.

“Kami minta pemerintah segera memperbaiki jalan ini, kalau ini dibiarkan begini saja, air masuk permukiman warga. Pemerintah juga waktu memperbaikinya dengan menimbun pakai karung pasir, gak bener. Buktinya, hanyut terus karung-karungnya, dan banjir di mana-mana,” kata Sumini, warga Pekon Gisting Bawah.

Suhardiman, warga lainnya menambahkan, penimbunan jalan hanya pakai karung diisi pasir jelas tidak efektif. Sudah beberapa kali penimbunan, tapi tiap turun hujan hanyut.

“Kami berharap segera ada perbaikan, karena kalau longsor membahayakan pengendara dan warga,” katanya.

Kepala Pekon Gisting Bawah, Safari berharap pemerintah segera turun tangan karena jalan tersebut sangat vital.

“Harapan kami pemerintah segera memperbaikinya, jangan sampai nanti menghambat masyarakat,” kata dia.(*)