Ridho Ficardo Safari Imlek di Empat Vihara

0
307

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Gubernur Lampung (nonaktif) Muhammad Ridho Ficardo menyambut Tahun Baru Imlek 2569 dengan safari ke empat vihara di Bandar Lampung. Safari ini merupakan bentuk syukur atas terciptanya kerukunan umat beragama di Lampung.

“Kita bersyukur Lampung aman dan damai. pemerintah pusat mengakui dan menempatkan Lampung sebagai provinsi teratas dalam penyelesaian konflik. Kondisi aman dan damai ini membuat perekonomian bergairah, sehingga Lampung kini menjadi daerah tujuan investasi ketujuh nasional,” kata Gubernur Ridho saat menyapa umat di Vihara Bodhisattva.

Kunjungan Gubernur Lampung (nonaktif) di mulai dari mengunjungi Vihara BodhiSattva di Jl. ikan kembung, Teluk Betung, Kemudian Vihara Buddha Bhaisajyaguru di Jl. Suban, Panjang, Vihara Thay Hin Bio di Jl. ikan kakap, Teluk Betung, dan terakhir mengunjungi Vihara Dharma Citra di komplek perumahan villa citra, Jagabaya II.

Ditemani para pengurus Majelis Budhayana Indonesia (BMI) Provinsi Lampung seperti Ketua MBI Indra Halim dan Wakil Ketua MBI Ridwan MH, memulai safari pada pukul 21.12 WIB dengan menyapa umat di Vihara Bodhisattva yang dulu dikenal dengan Vihara Banten. Meski diwarnai rintik hujan, Ridho bersama ribuan warga tumpah ruah memenuhi pelataran vihara, menyalakan lilin, dan menyaksikan atraksi barongsai.

Dari Vihara Bodhisattva, Ridho menyambangi Vihara Buddha Bhaisajyaguru Grha yang dipimpin Y.M. Suhu Nyanamaitri (Suhu Xie Cing). Di vihara megah di perbukitan Kelurahan Pidada, Kecamatan Panjang ini, Gubernur menyambangi mahasiswa dan civitas akademi Sekolah Tingga Agama Budha (STAB) Jinarakkhita yang menggelar upacara maha puja.

“Sin chun kong xi, kong xi fah chai,” kata Ridho kepada para mahasiswa dan bante.

 

Rombongan safari Imlek berakhir di Vihara Dharma Citra, Villa Citra 2 pada pukul 00.15. Di vihara yang tak jauh dari kediaman Ridho ini, umat Budha menyambut rombongan dengan penyalaan pelita dan doa bersama untuk keselamatan Indonesia, khususnya Lampung. Rangkain perayaan Imlek di berbagai vihara juga diisi berbagai bakti sosial seperti donor darah, pembagian sembako, dan pakaian layak pakai.

Dalam kunjungannya tidak lupa Muhammad Ridho Ficardo menyampaikan ucapan Gong Xi Fa Cai, selamat tahun baru cina atau imlek 2569.

“Saya ucapkan selamat tahun baru imlek 2569. Semoga Imlek tahun ini membawa rejeki yang berlimpah dan kesehatan buat kita semua. Semoga imlek kali ini juga membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi seluruh umat beragama di Provinsi Lampung,” ucap Ridho

Sementara itu Bhadra siddhi, yang mewakili yayasan di Vihara Buddha Bhaisajyaguru menyatakan bahwa M.Ridho Ficardo adalah sosok pemimpin yang inspiratif dan dapat menjadi panutan seluruh umat di Provinsi Lampung.

“Pak Ridho itu masih muda dan sangat energik, sosok pemimpin yang inspiratif. Beliau mau menerima saran dan tidak tabu terhadap kritik. Beliau juga panutan dan pemersatu seluruh umat yang ada di Lampung.” Paparnya
Lebih lanjut, Bhadra siddhi menyatakan sangat tersanjung dengan kehadiran M.Ridho Ficardo di malam perayaan imlek ini.

“Kami sangat tersanjung Pak Ridho mau berkunjung ke vihara. Selain itu kami juga bangga dengan sosok kepemimpinan Pak Ridho yang telah banyak melakukan perubahan di Provinsi Lampung, semoga Pak Ridho dapat terus melajutkan pembangunan di Provinsi Lampung hingga waktu-waktu yang akan datang.” Tutupnya. (lipsus)