Rakuten Gandeng 1.000 UKM Indonesia

0
608

rakuten_663_382Buanainformasi.com – Rakuten, perusahaan yang bergerak di industri perdagangan online (e-commerce), berupaya untuk terus memperluas pasarnya di Indonesia. Salah satu upayanya dengan menggandeng Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Menurut Rakuten, UKM atau bisnis mikro (MicroB), istilah yang digunakan perusahaannya, dinilai memiliki potensi menggiurkan untuk menggerakkan industri e-commerce.

“Jumlah UKM di Indonesia saat ini jumlahnya sekitar 55 juta. Sejauh ini, baru 1.000 MicroB yang telah bergabung dengan kami sebagai mitra merchant,” ujar Direktur Rakuten Belanja Online, Yasunobo Hashimoto, di Jakarta, Kamis, 4 Juni 2015.

Bila dipaparkan lebih jauh, 1.000 mikro bisnis tersebut tersebar di 13 wilayah provinsi, seperti di antaranya DKI Jakarta (39,9 persen), Jawa Barat (16,4 persen), Jawa Timur (15,2 persen), Jawa Tengah (7,4 persen), Banten (5,3 persen), Sumatera Utara (3,4 persen), Yogyakarta (2,4 persen), Bali (1,8 persen), dan Sumatera Selatan (1,5 persen).

Untuk terus dapat menggerakkannya, Rakuten memberikan sejumlah edukasi kepada para UKM dari tahun 2013 lalu. Diharapkan melalui edukasi ini, para UKM tersebut dapat memperluas bisnis konsumen mereka ke seluruh Indonesia.

Lebih lanjut lagi, Rakuten menaruh harap yang besar terhadap program MicroB agar dapat menembus pasar online, tidak lagi mengandalkan pasar secara fisik saja.

“Indonesia merupakan salah satu pasar yang paling potensial untuk e-commerce di Asia. Posisinya saat ini berada di belakang Tiongkok,” ungkapnya.

Setelah usaha mikro ini berjalan dengan dukungan internet dan memasuki bisnisnya di industri e-commerce. Maka akan berdampak besar terhadap perekonomian Indonesia menjadi lebih tangguh daripada sebelumnya.

“Kami berharap bahwa program sosialisasi usaha mikro kami seperti MicroB akan memberikan kontribusi untuk membangun populasi pedagang e-commerce yang kuat dari segmen usaha mikro di seluruh negeri,” kata Hashimoto. (Sumber : Viva.co.id)