Pungli Di Disduk Capil Hanya Isu Belaka

0
624

Lampung Utara, buanainformasi.com-Kabar adanya Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan oleh Pihak Disduk Capil Lampung Utara (Lampura) nampaknya mendapat tanggapan serius dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.Rabu (06/01/2016)

Setelah mendapat laporan prihal pungli Pemda Lampura melakukan Sidak di Disduk Capil,  setelah dilakukan pengecekan ternyata kabar Pungli tersebut hanya sebatas isu yang tidak dapat dibenarkan.

Sekda Lampura Drs. Samsir. M.M.,  mengatakan bahwa tidak ada Pungli di Disduk Capil saat melakukan Infeksi Mendadak (Sidak) di Disduk Capil setempat “Kita langsung bertanya kepada masyarakat dan mereka mengatakan tidak ada Pungli di Disduk Capil ini.” kata Sekda Lampura

Dijelaskannya, segala pelayanan Disduk Capil Lampura disediakan secara gratis tanpa adanya pungutan apapun, dan program pelayanan tersebut, telah dijalankan selama dua tahun belakangan ini.

Selain itu, dalam Sidak tersebut pihaknya juga memberikan pembinaan kepada seluruh jajaran Disduk Capil agar menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada. “Kita juga memberikan masukan dan arahan kepada mereka (Disduk Capil).” jelasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini pelayanan yang diberikan Disduk Capil telah berjalan secara maksimal, kedepan ia berharap pelayanan tersebut dapat lebih ditingkatkan kembali. “Telah banyak perubahan di Disduk Capil, masyarakat dapat menilainya sendiri.” terangnya.

Dan tahun ini, ada dua program terbaru yang akan dijalankan oleh Disduk Capil, yakni pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) dan mobil pelayanan keliling. “Kedua program terbaru tersebut akan dijalankan ditahun 2016 ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disduk Capil Lampura, Azhar Ujang Salim membenarkan, adanya program KIA ditahun 2016 ini. Program tersebut diperuntukan untuk anak usia 0-17 tahun. “Nantinya KIA ini dapat digunakan sebagai identitas diri anak, kegunaannya hampir sama dengan KTP.” Pungkasnyanya.(C/Basri)