Puncak Arus Mudik Terminal Kalideres

0
869

Jakarta, buanainformasi.com-Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, ribuan calon penumpang sudah memadati Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Terlihat sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menumpuk di dalam Terminal Kalideres. Diprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada hari ini. Sabtu, (02/07/2016)

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain menjelaskan bahwa situasi penumpang hari ini sangat berbeda dengan hari Jumat kemarin. “Diperkirakan puncak arus mudik di Terminal Kalideres terjadi pada hari ini, H-4. Saya lihat di lapangan memang ada peningkatan dibanding kemarin, cukup ramai siang ini,” ujar Revi, yang dikutip dari Beritasatu .

Menurutnya, berdasarkan dari catatan sebanyak 212 bus berangkat dari Terminal Kalideres, kemarin. Penumpang yang diangkut sebanyak 2.375 orang.
“Dibandingkan Lebaran tahun 2015 lalu, terjadi penurunan pada H-5. Pada tahun 2015, terdata 462 bus yang berangkat, dengan penumpang 6.229. Jadi cukup drastis penurunnya.”Terangnya.

Pelonjakan penumpang pada hari ini, dirinya sudah siap mengantisipasinya. “PO bus menyediakan bus bantuan. Bus bantuan itu, juga diperiksa dulu kelaikan jalannya, diberi stiker, baru diperbolehkan beroperasi.”Jelasnya.

Ada empat poin pelayanan yang diberikan oleh Terminal Kalideres sebagai terminal tipe A yaitu pelayanan oleh pengemudi, kendaraan, penumpang, dan terminal.

Terkait pengemudi, mereka sudah didata identitas dan datang jam berapa. Kemudian, diarahkan cek kesehatan, diperiksa urinenya, dan diarahkan istirahat di ruang pengemudi yang sudah disiapkan. Soal kendaraan, pihaknya melakukan uji kelayakan.

Kemudian, memeriksa kelengkapan administrasi kendaaran seperti izin trayek, buku KIR, dan STNK. Melakukan pengecekan kapasitas kendaraan. (*)