PU Lampura Gelar Pembahasan MasterPlan RTH

0
565

Lampung Utara, buanainformasi.com- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lampung Utara, gelar rapat bersama guna pembahasan MasterPlan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kotabumi, bersama Bappeda, Dinas Tata kota dan pihak Konsultan diaula Dinas PU setempat. Rabu (21/10/2015).

Rapat yang dippimpin oleh Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PU Karnadi ini, dihadiri oleh Kepala Bapeeda Azwar Yazid, Kepala Distako Mahendra dan beberapa Kabid dinas terkait serta pihak Konsultan.

Dalam pemaparan oleh pihak Konsultan independen yang bekerjasama dengan Pihak PU,banyak masukan dan kritikan dari Kepala Bappeda maupun Kepala Distako terkait perencanaan Master Plan Ruang Terbuka Hijau.

Dimana menurut Azwar seharusnya dalam penyusunan perencanaan Ruang Terbuka Hijau harus memahami terlebih dahulu situasi dan kondisi kota kotabumi.” kalau hanya subtansinya cenderung mencontoh yang ada di RT/RW yang ada, sama saja tidak akan ada perubahan atau peningkatan dalam pembangunan nanti” tutur Azwar.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Tata Kota Mahendra. Dimana dalam perencanaan Ruang Terbuka Hijau tersebut harus jelas, baik penyediaan lokasi tanaman peneduh yang seimbang maupun lokasi taman, sarana rekreasi. Mengingat kondisi wilayah Kotabumi berbeda dengan kota didaerah lain,ujar Mahendra.

Sementara itu tujuan dari penyelenggaraan Ruang Terbuka Hijau ini sendiri guna menciptakan Aspek Planologis Perkotaan melalui keseimbangan lingkungan alam dan lingkungan binaan yang berguna demi kepentingan Masyarakat di Lampung utara.

Menurut Kabid Tataruang Dinas PU Lampura Karnadi, penyelenggaraan  Ruang Terbuka Hijau ini bertujuan meningkatkan keserasian lingkungan perkotaan sebagai sarana pengaman lingkungan perkotaan yang aman,nyaman,segar, indah dan bersih.” Semua ini tujuannyaa guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Melayani pengaturan iklim mikro, Peneduh, Produsen Oksigen, Penyerapan Air Hujan maupun Penyerapan Polutan” tutup Karnadi. (Sis)