PT KAI Tanjungkarang Punya 11 Gerbong Baru

0
327

Bandar Lampung, buanainformasi.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Drive IV Tanjungkarang, menerima kiriman 11 gerbong dari PT Industri Kereta Api (INKA), Minggu (4/3). Sebanyak 11 rangkaian kereta buatan INKA tersebut akan digunakan sebagai angkutan tambahan.

Sebelas gerbong kereta ekonomi K3 Premium itu tiba di Stasiun Pidada, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, Minggu (4/3/2018).

Sebelas gerbong baru tersebut menurut Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Wibowo, terdiri dari delapan kereta ekonomi premium, dua kreta ekonomi premium support diffable khusus penumpang berkebutuhan khusus, dan satu kereta pembangkit listrik yang memiliki restorasi.

“Opsi pertama sebagian rangkaian akan digunakan untuk mengganti KA Seminung Tanjungkarang-Kotabumi sebanyak tujuh gerbong. Sisanya dirangkaikan ke KA Tanjungkarang-Kertapati Palembang,” kata Franoto, dilansir dari lampungpro.com, Senin (5/3).

 

Franoto menjelaskan, kereta api buatan INKA tahun 2017 tersebut didatangkan untuk melayani masyarakat. Dengan didatangkannya gerbong kereta ini ia berharap masyarakat dapat lebih terlayani.

“Kita menambah gerbong yang ada untuk meningkatkan pelayanan. Dengan adanya gerbong kereta ini kita berharap dapat lebih meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Masalahnya biayanya itu bagian dari kewenangan pusat,” terangnya.

Gerbong baru berbahan stainless steel ini lebih tahan karat dan cat striping minimalis. Selama ini KAI menggunakan gerbong kereta berbahan mild steel. Kedatangan gerbong ini merupakan program regenerasi sarana kereta yang tua. Total pesanan ke PT Inka ada 438 gerbong yang disebar di Jawa dan Sumatera. (lipsus)