Provinsi Lampung Dapatkan Penghargaan Nasional Jumlah Pemeriksaan IVA Test dengan  Kenaikan Tertinggi se-Indonesia

0
515
Provinsi Lampung Dapatkan Penghargaan Nasional Jumlah Pemeriksaan IVA Test dengan  Kenaikan Tertinggi se-Indonesia
Provinsi Lampung Dapatkan Penghargaan Nasional Jumlah Pemeriksaan IVA Test dengan  Kenaikan Tertinggi se-Indonesia

Buanainformasi.com-Sejak diikutsertakan dalam persiapan teknis program nasional dan kampanye pencegahan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia di Istana Merdeka pada tanggal 15 April 2015 oleh Ibu negara Iriana Joko Widodo dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE), Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Yustin Ridho Ficardo langsung mengambil langkah strategis dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung serta seluruh Organisasi Perempuan di Provinsi Lampung guna mensosialisasikan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Servik) dan Payudara pada Perempuan Indonesia.

Kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan kanker perempuan tertinggi di Indonesia.Kedua kanker di atas menjadi salah satu masalah utama pada kesehatan. Tujuan untuk menurunkan jutaan kematian yang dapat dicegah setiap tahun dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kanker, dan mendorong lintas sektor lainnya di luar bidang kesehatan serta individu dan masyarakat di seluruh indonesia untuk berperan dalam mencegah kanker.

Dengan dukungan dari semua lintas sektor dan masyarakat, maka diharapkan program pengendalian kanker di Indonesia akan mencapai tujuan yaitu menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker, Kegiatan ini merupakan bagian dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat dan berkualitas, sesuai dengan tercapainya Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia.

Langkah strategis yang dilakukan Ibu Yustin Ridho Ficardo selaku Ketua Tim Pengerak PKK provinsi Lampung antara lain : Sosialisasi Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (servik) pada Perempuan Indonesia, pada kegiatan-kegiatan TP. PKK Provinsi Lampung yaitu Promosi dan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media. Masyarakat diharapkan mengetahui, memahami serta berperan serta dalam gerakan nasional ini, sehinga perlu materi yang memuat tentang pentingnya pemeriksaan deteksi dini pada perempuan melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Materi meliputi, ajakan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta CERDIK,, faktor risiko apa saja yang perlu dihindari oleh seseorang untuk mencegah kanker, siapa saja yang perlu diperiksa deteksi dini, pemeriksaan apa saja yang akan dilakukan terhadap para perempuan. Kegiatan promosi dan edukasi melibatkan tokoh agama, tokoh melalui media. Media yang digunakan diharapkan untuk memperluas cakupan informasi kepada masyarakat luas.

 Rapat koordinasi dengan Istri-istri Forkopinda provinsi Lampung, Ketua Organisasi Perempuan dan SKPD/Dinas terkait (Dinas Kesehatan, BKKBN, BPJS, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yayasan kanker Indonesia) secara berkala dan intens untuk membahas program kerjasama Sosialisasi Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (servik) serta pelaksanaan pemeriksaan melalui test IVA secara berjenjang dalam setiap organisasi perempuan baik diperuntukkan bagi anggota organisasi maupun masyarakat sekitar

Sosialisasi kepada anggota organisasi , kader maupun masyarakat melalui melalui kegiatan-kegiatan seminar, diklat, lomba kader, bakti sosial, pengajian dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh TP. PKK Provinsi Lampung dan organisasi wanita lainnya di Provinsi Lampung yang disertai dengan pemeriksaan dini kanker servic dengan IVA test Sebagai tindak lanjut terhadap hasil pemeriksaan tersebut bagi mereka yang positif IVA. Bilamana diketahui hasil test ada penderita yang positif terkena kanker maka akan dilakukan tindakan sebagai berikut, Dilakukan krioterapi (untuk puskesmas yang sudah memiliki alat krio). Dirujuk ke RS yang memiliki dokter spesialis kandungan (SpOG). Dilakukan konseling sambil menunggu persetujuan suami untuk tindakan selanjutnya.

 Terobosan yang dilakukan Ibu Yustin yang patut mendapat apresiasi adalah dilaksanakan pemeriksaan kanker leher rahim dengan test IVA pada 250 narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Way Hui, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ibu Yustin Ridho Ficardo selaku Ketua TP. PKK Provinsi Lampung bekerjasama dengan FORKOPIMDA Provinsi Lampung dan Pimpinan Organisasi Wanita.

 Upaya mensosialisasikan program nasional pencegahan dini kanker servic dilakukan dengan berbagai upaya dan kreasi agar menarik masyarakat untuk turut serta mensosialisasikan antara lain melalui jingle dimana PKK Provinsi Lampung  meraih juara 1 Jingle IVA tingkat nasional tahun 2015

Kini berkat semangat dan kegigihan Ibu Yustin dalam sosialisasi program nasional ini mampu menggerakkan seluruh organisasi perempuan serta masyarakat luas untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kanker serta aaktif memeriksakan sejak dini  sehingga Provinsi Lampung melalui Ibu Yustin Ridho Ficardo sebagai Ketua Tim Penggerak PKK mendapatkan “ Penghargaan Nasional dari Ibu negara Iriana Joko Widodo Atas Pencapaiannya dalam Kategori Jumlah Pemeriksaan IVA Test dengan  Kenaikan Tertinggi  se-Indonesia”. Penghargaan diberikan langsung oleh Ibu Iriana Joko Widodo pada Peringatan Hari Kartini tanggal 25 April 2017 di BanjarBaru-Kalimantan Selatan(Red/Rls)