Presiden Resmikan Tol Cipali

0
501

Buanainformasi.ctol cipaliom- JAKARTA, Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Sabtu (13/6/2015). Peresmian jalan tol ini diklaim sebagai bukti digenjotnya pembangunan infrastruktur untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Tim komunikasi Presiden Jokowi, Teten Masduki mengungkapkan, Jalan Tol Cipali mampu memangkas jarak tempuh sekitar 40 kilometer jika dibandingkan dengan melalui Jalur Pantai Utara (Pantura).

Jalan Tol Cipali juga merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia karena panjangnya mencapai 116 kilometer. “Ini tentu memberikan andil yang signifikan dalam memperlancar arus pergerakan orang, barang, dan jasa, khususnya pada jalur Pantura sehingga menekan biaya transportasi dan memicu pertumbuhan ekonomi,” kata Teten, dalam pernyataan tertulis, Sabtu.

Dia melanjutkan, peresmian pengoperasian Jalan Tol Cipali juga diharapkan dapat memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini. Atas dasar itu, kata Teten, Presiden meminta pengelola Jalan Tol Cipali memenuhi standar pelayanan, dan meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memonitor pengoperasian tol tersebut.

“Pemerintah menyadari pembangunan infrastruktur merupakan prasyarat mutlak bagi jalannya roda perekonomian. Pembiayaan pembangunannya bisa melalui skema Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) atau Public Private Partnership (PPP),” kata Teten.

Nama Cipali diambil dari daerah titik awal dan daerah titik akhir tol tersebut, yaitu Cikopo-Palimanan. Selama ini, media seringkali menyebut tol ini dengan nama Cikapali karena merujuk kepada Cikampek-Palimanan.

Tol Cipali ini merupakan bagian dari program pembangunan infrastruktur prioritas 1.000 kilometer jalan tol selama kurun waktu 2015-2019, yang dicanangkan dalam Nawacita. (Sumber : Kompas.com)