Polri Akan Ajukan Dua Polisi dan Satu Purnawirawan Jadi Calon Pimpinan KPK

0
581

Buanainfkpkormasi.com -JAKARTA, Kepala Polri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan, Polri berencana mengusulkan nama untuk menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Calon itu ada yang berasal dari perwira aktif, ada pula yang merupakan purnawirawan Polri.

“Kita juga rencana akan mencalonkan dua polisi aktif dan satu purnawirawan,” kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Usulan nama tersebut muncul setelah Badrodin bertemu enam anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, Senin (8/6/2015). Meski demikian, Badrodin masih belum menyebutkan siapa calon pimpinan KPK yang akan diusulkan.

Ia menambahkan, dalam pertemuan lalu, Pansel KPK meminta masukan kepada Polri tentang calon pimpinan KPK yang ideal. Di samping itu, mereka juga ingin membangun kerja sama untuk melacak rekam jejak calon komisioner yang mendaftar.

“Kita juga diminta untuk bisa melakukan penelitian terhadap track record masing-masing calon nanti yang dinominasikan,” ujarnya. (Baca: Ini Alasan Mereka yang Tolak Tawaran Pansel KPK agar Ikut Seleksi)

Pansel KPK hingga saat ini masih gencar melakukan jemput bola ke sejumlah instansi dan melakukan focus group discussion untuk menyosialisasikan seleksi capim KPK. Upaya tersebut akan dilakukan di sembilan kota di Indonesia, di antaranya Balikpapan, Depok, Makassar, Medan, Bandung, Surabaya, Padang, dan Pontianak.

Hingga Kamis (11/6/2015), sudah 62 orang yang mendaftar. Pendaftaran akan dibuka hingga 24 Juni 2015. Selanjutnya, pansel akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan atas nama-nama pendaftar pada 27 Juni-26 Juli 2015.

Pansel akan menyeleksi dengan tes pembuatan makalah hingga tes wawancara. Sebanyak delapan nama akan dipilih dan kemudian diserahkan ke Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015.

Presiden lalu akan meneruskan nama-nama itu ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. (Sumber : Kompas.com).