PNS diLampura Gunakan Seragam Ala Jokowi

0
1438

Lampung Utara, buanainformasi.com- Pemkab Lampung Utara (Lampura), mulai memberlakukan penggunaan seragam hitam putih, bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS).Kamis (21/01/2015)

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Pemkab Lampura, Wahyuni B Nur Samad  mengatakan “Mulai hari ini para PNS diwajibkan memakai seragam hitam putih.”ujar dia saat dijumpai diruang kejanya.

Diterangkannya, Seragam putih hitam menjadi alternatif pakaian seragam baru yang wajib dikenakan setiap hari, pada kamis minggu ketiga setiap bulannya.

Wahyuni menjelaskan, kewajiban untuk menggunakan seragam putih hitam mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) No 36 Tanggal 2 November 2015 tentang pakaian dinas dilingkungan Pemkab Lampura. “Tapi peraturan tentang seragam itu hanya berlaku bagi PNS saja, sedangkan bagi tenaga honorer tetap mengenakan pakaian seperti biasanya.” katanya.

Perbup itu, lanjut Wahyuni, telah di sampaikan keseluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Lampura, sehingga sudah menjadikan kewajiban mengikuti aturan baru ini untuk mengenakan seragam kemeja putih dengan celana atau rok hitam. Untuk  atribut tidak mengenakan tanda kepangkatan, hanya saja mengenakan papan nama, pin siger dan pin korpri.

Menganai papan nama. Selain baju hitam putih, Pemkab juga akan menerapkan pemakaian baju khas Lampung, bagi pejabat eselon II hingga eselon IIIa. Nantinya, pakian khas Lampung itu dikenakan setiap hari kamis diminggu keempat setiap bulannya.

“Untuk laki-laki memakai kopiah khas Lampung dan tumpal (sejenis sarung). Untuk wanita menggunakan baju kurung yang juga bermotifkan khas Lampung.” jelasnya

“Karena sifatnya diatur dalam peraturan bupati, bagi PNS yang tidak mengindahkan peraturan tersebut akan diberi sanksi. Namun sanksinya tidak langsung diberikan melainkan ada proses, dimana mereka akan diminta penjelasan dan kendala yang dihadapi.” Pungkasnya. (Cho)