PLN ULP Talang Padang Bersama BKSDA Lampung dan LSM Pecinta Hewan Melepas14 Ekor Kukang ke TNBBS

0
198

Tanggamus, BITV –  PLN ULP Talang Padang bersama dengan BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Lampung, LSM Pecinta Satwa serta Mahasiswa dari salah satu Universitas di Bogor melepas hewan 14 ekor Kukang di TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan) Tanggamus.

Hewan yang dilindungi pemerintah tersebut merupakan hasil dari Pembersihan Jaringan Listrik yang diselamatkan oleh Tim Yantek (Pelayanan Teknik) PLN ULP Talang Padang.Selasa, (22/01/19).

Sejak Desember 2018 Tim Yantek (Pelayanan Teknik) PLN ULP Talang Padang berhasil menyelamatkan hewan kukang  sejumlah 14 ekor. Hewan tersebut didapatkan pada saat mereka melakukan pembersihan jaringan secara rutin.

Danny AD selaku Manager PLN ULP Talang Padang menyerukan kepada supervisor tekniknya Wawan Satriawan agar segera mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan dan memelihara sementara hewan kukang tersebut.

“Nanti jika waktunya sudah cukup dan tepat maka kukang tersebut akan dilepaskan kehabitatnya,”ucapnya.

Setelah waktu memelihara sementara kukang  tersebut dirasa cukup, Wawan Satriawan berkordinasi dengan BKSDA ( Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Lampung yang langsung direspon dengan baik, dan langsung disepakati waktu dan tempat untuk pelepasan kukang tersebut.

Lalu pada Selasa 22 Januari 2019 pukul 24.00 wib, BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Lampung yang diwakili oleh Muklas dan Teguh, serta POLHUT (Polisi Kehutanan) Tanggamus yang diwakilai Roma serta PLN ULP Talang Padang yang diwakili oleh Wawan Satriawan melepaskan kukang itu sejumlah 14 ekor ke TNBBS (Taman Bukit Barisan Selatan) di Sedayu bersamaan dengan pelepasan burung kicau sejumlah 1.200 ekor hasil dari karantina BKSDA ( Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Lampung.

Dalam acara pelepasan hewan kukang dan burung hasil dari karantina itu juga diikuti oleh LSM Pecinta Satwa dari Bandar Lampung serta beberapa Mahasiswa IPB Bogor. (AJOI TGM)