PKBI Cabang Lampung Barat Peringati HUT Ke-59

0
408

Lampung Barat, buanainformasi.com – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat (Lambar), menggelar  Refleksi Kegiatan PKBI Tahun 2016 sekaligus memperingati HUT PKBI Ke-59 di Aula Selinggang Alam Pekon Wates Kecamatan Balik Bukit (10/1).

PKBI sendiri pertama kali berdiri pada tanggal 27 Desember 1957 di Jakarta, Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus PKBI setempat dan seluruh angota PKBI  Cabang Lambar.

“Pendirinya adalah sekelompok tokoh masyarakat dan ahli kesehatan yang peduli terhadap masalah Kependudukan dan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia” Terang sekretaris PKBI Cabang Lambar Sandarsyah  mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar  Hj. Yulia Makmur Azhari.

Lanjutnya, Adapun pendirinya adalah, Dr. R. Soeharto (Ketua), Dr. Hurustiati Soebandrio dan Nani Soewondo, SH (Wakil Ketua), Mrs. Untung (Sekretaris), dan Mrs. Sjamsuridjal (Bendahara). Sedangkan pada jajaran anggota, Prof. Sarwono Prawirohardjo, Mrs. Pudjodhutomo, Dr. Marsidi judono, Dr. R. Hanifa Wiknjosastro, Mrs. Roem, dan Dr. Koen S. Martiono.

Kepekaan dan kepedulian PKBI terhadap masalah kesehatan perempuan yang pada gilirannya menyadarkan masyarakat untuk menempatkan Keluarga Berencana (KB) dalam perspekif yang lebih luas, yaitu Kesehatan Reproduksi. Kerja keras yang terus menerus membuahkan pengakuan dunia terhadap eksistensi PKBI.

Pada tahun 1969 PKBI mencatat sejarah baru sebagai anggota penuh International Plant Parenthood Federation (IPPF), sebuah lembaga internasional yang memperjuangkan pemenuhan hak kesehatan seksual reproduksi bagi masyarakat di seluruh dunia, sebuah federasi yang terdiri dari 184 negara.

Akan halnya kegiatan PKBI pada tahun 2016 organisasi ini telah melakukan sebanyak 16 kegiatan, antara lain Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PKBI Lambar pada 9 Januari 2016, Ceramah dan Diskusi Kesehatan Reproduksi Dan Seksual (Kesproseks) Remaja di MTs  Darul Ulum Pekon Padang Cahaya Kecamatan Balik Bukit (6/2), Penyuluhan Kesproseks Dan Bhakti Sosial di Pekon Suka Mulya Kecamatan Sukau (20-21/2), Ceramah dan Diskusi Kesproseks Remaja Islam Masjid (Risma) Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit (6/3), Rapat Camping Program PKBI Cabang Lampung Barat (19-20/3), dan Pembekalan Satgas Anti Narkoba di Kampung KB Pekon Mekar Sari Kecamatan Pagar Dewa (2-3/4).
Lalu Audisi dan Pemilihan Duta Kesproseks Kabupaten Lampung Barat Tahun 2016 (18-21/4), Ceramah dan Diskusi Kesproseks Remaja di Risma Masjid Nurul Huda Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau (19/6), Studi Pembelajaran PKBI Cabang Lampung Barat Ke PKBI Cabang  Garut Propinsi Jawa Barat (4-8/5), Bhakti Sosial Operasi Sumbing Bibir dan Langit-Langit (25-26/6), Ceramah dan Diskusi Kesproseks  di Risma Masjid Nurul Muttaqin Sukamenanti II Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit (7/8).

Selanjutnya kegiatan  lain yang dilakukan PKBI Cabang Lambar , Partisipasi pada Lomba Penyuluhan Anti Narkoba Dalam Rangka HUT RI Ke-71 di Kecamatan Balik Bukit (8/8), Partisipasi pada peringatan HUT RI Ke-71 di Lingkungan Gang : Pekonan, Serasan, Perintis, dan Aksah Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit 16/8).
“Mutiaraku Lahir’ Penghargaan Kepada Bayi Yang Lahir Bersamaan Dengan Hari Jadi Kabupaten Lampung Barat (24/9), Ceramah dan Diskusi Kesproseks Remaja di SMPN 1 Liwa (5/11), serta Sosialisasi Tentang Gender dan Penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (1/12)”. pungkas Sandarsyah. (Romi Erlan)