Pilkada Lampung Barat, Polda Lampung Turunkan 1 Kompi Brimob

0
481

Lampung Barat, buanainformasi.com – Kapolda Lampung Irjen Sudjarno, bersama Waka Polda Brigjen Bonifasius Tampoi, Dir Intel Kombes Razak Suhaili, Dir Krimsus Kombes Dicky Patrianegara, Dir Krimum Kombes Heri Sumarji, Karo SDM Kombes Nyoman Lastika, Dir Binmas Kombes Prihantono Eling Lelakon, Kabid Propam Kombes H. Anton Setiawan, Kabid Dokkes Kombes Andri Pandarsyah, Kor Spri AKBP Donny Wahyudi, beserta rombongan Selasa (23/1) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Polres Lampung Barat (Lambar).

Kunjungan tersebut selain bersilaturahmi dengan forkopimda juga dalam rangka melihat kesiapan pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkad) di kabupaten setempat yang tinggal hitungan hari lagi.

Lambar menjadi satu dari lima kabupaten di Lampung yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tanggal 15 Februari mendatang. Sehingga, dirinya ingin memastikan penyelenggara telah siap untuk menghelat pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

”Tanggal 25-27 januari mendatang, saya akan menghadiri Rapim (rapat pimpinan) Polri di Jakarta, untuk membahas masalah penyelenggaraan Pilkada dan pengamana kita akan  mendapatkan arahan dari bapak presiden, KPU, Bawaslu, dan Kemenkum-HAM. Karena itu saya ingin melihat kesiapan di Lambar,  dimana menjadi satu dari lima kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak,” ungkap Sudjarno.

Dari hasil koordinasinya dengan KPUD, Panwaslu dan Polres Lambar, Pilkada Lambar sudah siap untuk dilaksanakan, tinggal pemecahan kendala sulitnya medan untuk menjangkau beberapa wilayah yang masih sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat. Dan solusinya telah terpercahkan yakni pendistribusian logistik akan menggunakan kendaraan roda dua.

”Alhamdulillah saya sudah ketemu KPUD dan Panwaslu, semua dokumen siap. Hanya masalah kendala geografi beberapa wilayah dimana solusinya harus menggunakan motor trail, dan H-3 sudah berada di lokasi (TPS), artinya untuk persiapan Pilkada Lambar sudah siap, tinggal  bagaimana nantinya untuk masalah keamanan dalam pelaksanaannya,” kata dia.

Disinggung soal persiapan pengamanan untuk Pilkada Lambar, Sudjarno menjelaskan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan itu. Dan sesuai permintaan Polres Lambar akan diturunkan satu kompi Brimob Polda Lampung untuk membantu pengamanan, dan penempatan nantinya akan disesuaikan pada titik-titik yang dibutuhkan.

”Untuk soal pengamanan sudah disetting semua, sampai pelantikan sampai sudah kita siapkan  renacana pengamannya, dari Polres minta satu Kompi Brimob, dan dimana saja kerawanannya itu akan digeser, untuk penempatan personel di setiap TPS minimal satu personel, dan mungkin jika ada yang rawan akan ditempatkan dua orang personel di TPS tersebut,” kata dia. (Romi Erlan)