Pilbup Tanggamus, Elektabilitas Pasangan Samsul-Nurul Ungguli Dewi – Syafi’i

0
291

Tanggamus, buanainformasi.com – Rakata Institute merilis hasil survei yang dilakukannya menjelang pemilihan bupati Tanggamus 2018. Elektabilitas pasangan Samsul Hadi – Nuzul Irsan mengungguli pasangan Dewi Handjani – AM Syafi’i.

Peneliti survei Rakata Institute Korwil Tanggamus Busro mengatakan, setelah dilakukan survey sebanyak 400 responden, dari priode 12-22 Februari pasangan Samsul – Nuzul memiliki suara 38,25 persen. Sedangkan pasangan Dewi – Syafi’i mendapatkan suara 31,50 persen.

“Dari survei kami elektabilitas pasangan Samsul – Nuzul ungguli pasangan Dewi – Syafi’i. Sementara, untuk yang belum memilih atau Swing Voter 30,25 persen, dengan margin of error 5%” katanya selasa, (27/2/2018).
Menurut Busro, jarak Dewi ke Samsul hanya 7 persen. Namun hal itu tidak dapat menentukan pasangan Samsul – Nuzul menang.

“Dalam survei ini memiliki survei margin of error 5% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kata Busro,
Sampel terdistribusi secara propesional disetiap kecamatan di Kabupaten Tanggamus. Namun begitu, pasangan Cabup-Cawabup tersebut memang lebih diuntungkan.

Busro menyampaikan, jika swing votet dihilangkan, maka suara Samsul – Nuzul 58,84 persen. Sedangkan, Dewi – Syafi’i mendapatkan suara 45,16 persen. Menurut Busro faktor penetu pilihan penilain terhadap politik uang sekitar 50,25 persen, meskipun dari yang menggangap wajar ada 71 persen menyatakan belum tentu memilih yang memberi uang.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Tim Pemenangan pasangan Dewi – Syafi’i, Alfian menyebutkan bahwa hasil survey tersebut tentu akan menjadi bahan dirinya. Mengingat Samsul Hadi elektabiltasnya lebih tingi.

“Kami menghormati hasil rilis dari rakata. Rilis ini bisa dipercayai intergritas maka tentu nantinya jadi bahan kami,” kata dia.

 

Menurut dia, bahwa Plkada serentak 27 Juni 2018 bahwa akan menjadi kedewasaan kami untuk terus berkejra.
“Karena ada dua paslon pasti ada yang kalah dan menang. Namun kita akan selalu akan membuat pilkada damai dan kondusif,” ujarnya.

Politikus PKS ini mengaku terus akan melanjutkan kerjanya untuk mengantar istri mantan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menjadi bupati. “Ini bahan kami sebagai paslon nomor satu bahan kami melanjutkan kerja kami. Karena masih ada empat bulan untuk memenangkan. Kami juga berharap jika memang Dewi menang inilah harapan suara masyarakat begitu juga jika Samsul menang,” selorohnya.

Dilain sisi, Lisiaon Officer (Tim Penghubung) Samsul Hadi-Nuzul Irsan, Yudi Kurniawan, bahwa hasil survey ini belum dapat dipertanggungjawababkan.

“Ini belum menjadi tolak ukurnya. Namun kami tetap berkerja keras bahwasanya suara itu hasil berasal dari rakyat dari Tanggamus sendiri,” tutup Yudi.(*)