Petani Lampra Keluhkan Harga Jagung Anjlok

0
1198

Lampung Utara, buana informasi.com- Petani jagung di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Provinsi Lampung. merasa resah, menjelang musim panen harga komoditas jagung semakin Anjlok. Harga dipicu melimpahnya hasil panenan juga tidak adanya ketetapan harga jual terendah dari pemerintah daerah.(11/03/2016)

Saat ini, harga jagung kering pipil petani hanya mampu menembus kisaran Rp1.900 per kilogram. harga itu mengalami penurunan sejak dua pekan terakhir sebesar Rp 1.750 per kilogram. Harga tersebut menurun drastis dari bulan lalu yang mencapai Rp2.800 hingga Rp3.000 per kilogram.

Kondisi itu membuat para petani mengeluh karena penghasilan yang didapat tidak sebanding dengan besarnya biaya produksi yang dikeluarkan.

Lalil (42), petani jagung Desa Gilih Sukanegeri Kecamatan Abung Selatan Kabupaten lampura, Lampung   saat di temui buana informasi, di lokasi mengungkapkan, jagung kering pipil hasil panenannya hanya laku Rp1.900 per kilogram dan dibeli oleh pengepul setempat.

Hal tersebut membuat penghasilan yang diterimanya menjadi sangat minim mengingat biaya produksi yang dikeluarkan membengkak lantaran  naiknya harga pupuk bersubsidi saat ini nyaris langka serta naiknya upah tenaga kerja, belum lagi biaya transportasi untuk mengangkut hasil panennya,“Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Harga jagung semakin menurun otomatis membuat penghasilan menurun drastis. Kami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan yang sudah terencanakan sebelumnya,” katan Lalil.

Keluhan senada diungkapkan petani lainnya, Hadi Suroso (32)  harga ideal yang layak diterima petani jagung saat ini adalah Rp.3 ribu per kg “Dengan harga Rp3 ribu per kg itu petani mendapatkan untung, dan bisa lebih untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Tapi kalau harga hanya Rp.1.900 kg cuma kembali modal saja,mas”jelasnya

Ia menambahkan itu Bisa kita lihat Dari  Harga Bibit Jagung Pioneer saja  Per sak berat 5 Kg Rp 360.000 Untuk satu Hektar Di perlukan 15 Kg Harga Pupuk Phonska persak berat 50 Kg Rp 145.000 Harga Pupuk Urea persak berat 50 Kg dengan harga Rp 95.000 per Hektar di perlukan 700 Kg Belum biaya Lain lainya  Dengan Harga Jagung 1.900 itu  Masih jauh dari kata stabil mas. Pungkasnya.

Ia Berharap Kepada pemerintah Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung Dan Intansi Terkait agar memikirkan  Nasip para  Petani jagung dan bisa  Menstabil kan dalam waktu dekat ini. (Hendra)