Pesona Gunung Slamet Jawa Tengah

0
975

gunungslametJawa Tengah, Buanainformasi.com. Gunung Slamet adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.
Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Tak jarang pula banyak pendaki yang tersesat di Gunung Slamet. Baru-baru ini terdapat tiga pendaki asal Yogya yang sempat hilang, akhirnya berhasil dievakuasi ke kota asalnya, setelah ditemukan dan dievakuasi tim SAR gabungan. Ketiganya adalah Airlangga Firgianto, Januar Renaldo, dan Ronald Dicky Adiguna kini masih harus mendapatkan perawatan untuk memulihkan kondisi tubuh mereka setelah tersesat selama satu pekan di hutan gunung tersebut.
Gunung Slamet memang memiliki pesona alam tersendiri dan menyimpan banyak misteri diluar penalaran akal sehat. Gunung ini juga dikenal cukup sulit karena hampir di sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air, walaupun ada itu juga merupakan genangan air. Kepada pendaki sangat disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. (dh)