Pesisir Bandar Lampung Dilanda Gempa dan Puting Beliung, Ratusan Warga Kembali Mengungsi ke Kantor Gubernur

0
263

Bandar Lampung, BITV – Kawasan pesisir Kota Bandar Lampung dilanda gempa 2,4 SR dan angin puting beliung Kamis (16/1). Ratusan warga yang masih trauma langsung kembali mengungsi ke Kantor Gubernur Lampung.

Angin puting beliung setidaknya merusak tujuh rumah di Kelurahan Telukbetung, Kecamatan Telukbetung Selatan. Atap berhamburan tergulung angin di kawasan pesisir ibu kota Provinsi Lampung itu.

Tenda para pedagang pangganan Jl. Laksamana Malahayati berhamburan terpelintir angin kencang tersebut. Meja para pedagang ikut porak-poranda di pusat jajajan pangganan di kawasan Telukbetung tersebut.

Sedangkan gempa 2,4 SR yang terjadi pada pukul 19.51 WIB terasa di sekitaran Polda Lampung. Berdasarkan keterangan BMKG, gempa berpusat di 5, 46 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur.

Posisi tersebut memang tak jauh dari Mapolda Lampung di kedalaman dua kilometer di bawah permukaan tanah. Ratusan warga yang merasakan adanya guncangan langsung berhamburan keluar rumah.

Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang Selatan Joko Siswanto menyatakan dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkat akibat aktivitas sesat lokal wilayah tersebut.

Sebelum gempa, pukul 18.15 WIB, angin puting beliung menghajar daerah pesisir yang mengakibatkan atap tujuh rumah porak-poranda di RT 02, RT 03, dan RT 04, Lingkungan Jl. Laksamana Malhayati.

Lurah Telukbetung Husin membenarkan adanya peristiwa tersebut .Karena sudah malam, atap yang porak-poranda belum diperbaiki, katanya, Rabu malam (16/1). Husin meminta warga untuk waspada terhadap cuaca ekstrem seperti saat ini. (*)