Peserta Umrah Gratis Mesuji Dimintai Uang Hingga Rp6 Juta

0
445

tiba-di-tanah-air--rombongan-jamaah-haji-sujud-syukur_663_382Buanainformasi.com – Sebanyak 257 warga Mesuji Lampung, peserta umrah gratis secara bertahap telah dipulangkan ke daerah asalnya. Motif dan latar belakang para perekrut pun kini masih didalami.

Dari pemeriksaan awal, diketahui bila ratusan peserta umrah gratis ini tak sepenuhnya bebas biaya. Dari pengakuan peserta, mereka menyetor sejumlah uang dari Rp1,5 juta hingga Rp6 juta untuk keperluan umrah mereka.

Meski begitu, hal ini tetap dibantah oleh dua oknum perekrut yakni, Agus Santoso asal Yosowilangun Lumajang dan Ningsih asal Kremil Surabaya Jawa Timur.

“Mereka mengakunya cuma memungut uang Rp150 ribu per orang. Itu untuk keperluan administrasi,” ujar Kapolsek Singosari Kompol Decky Hermansyah, Rabu 18 Maret 2015.

Sejauh ini, polisi cukup kesulitan mengumpulkan informasi dari ratusan warga Mesuji yang menjadi korban penipuan umrah gratis ini. Sejumlah peserta masih menutupi informasi tentang metode perekrutan dan motif para perekrut yang telah membuat mereka harus bertahan hingga tiga bulan di pulau Jawa.

“Kalau ditanya mereka sering menghindar dan tak mau terbuka. Sampai sekarang kami masih mengembangkan kasus dan melibatkan Intel Polres Malang,” ujar Hermansyah. (sumber : Viva.co.id)