Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Dewi Harapkan Warga Tanggamus Mulai Menanam Tanaman di Halaman Rumah

0
213

Tanggamus, BITV – Kabupaten Tanggamus memeroleh amanah hidup berdampingan dengan pegunungan dan ujung Tanaman Nasional Bukit Barisan (TNBBS). Bupati Dewi Handajani menyadari hal itu.

Kepala daerah yang daerahnya masih jadi langganan banjir dan longsor ini kembali menggelar upacara bulanan dalam rangka Gerakan Satu Juta Pohon dan Lingkungan Hidup di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (17/1).

Kegiatan tersebut sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup, 10 Januari 2019.

“Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan hidup,”ujar istri mantan bupati setempat, Bambang Kurniawan.

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan setiap orang adalah ikut menjaga lingkungan hidup, kata Bupati Dewi Handajani. Tahun 2030, dunia mulai kekurangan air bersih.

Dia juga berpesan agar setiap orang menanam tanaman di halaman rumahnya. Bagi masyarakat perkotaan yang nyaris sedikit memiliki halaman, bisa menanam di pot atau media lainnya untuk meredam efek rumah kaca.

Tananam bisa menghasilkan udara bersih sekaligus memperoleh hasilnya berupa buah-buahan atau lainnya, katanya. Terakhir, pesannya, buang sampah pada tempatnya. Hal kecil yang harus dimulai sejak sekarang, katanya.

Hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Am Syafi’i, Forkopimda ,para kepala OPD, para camat, dan para peserta upacara. (*)