Pendidikan Di Lampura Menjadi Program Unggulan Daerah

0
668

Lampung Utara, buanainformasi.com-Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lampung utara (Lampura) Samsir melakukan kunjungan dalam rangka pembinaan ASN (Aparatur Sipil Negara) bersama, Assisten III Bidang Umum, Efrizal Arsyad, Kepala Inspektur, Mankodri, Kepala Dinas Pendidikan Adrie, dan perwakilan BKD, khususnya tenaga pendidik se-Kecamatan Abung Barat di halaman SMPN 1 setempat. Kamis (14/01/2016).

Dalam kunjungannya Samsir mengatakan, Untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih sejatera khususnya Bidang pendidikan yang menjadi tumpuan majunya masyarakat Lampung UtaraProgram pendidikan akan menjadi Program unggulan daerah.

“Kalau sekolah kita bagus, maka dunia pendidikan akan disorot baik. Dan kedepan akan banyak daerah lain belajar di sini, maka akan banyak orang lain datang untuk sekedar studi banding atau belajar ditempat ini. Kalau sudah seperti demikian, makan akan ramai sehingga kehidupan masyarakat bisa lebih sejatera.” Ujarnya

Dengan banyaknya sekolah ataupun instansi pendidikan berkunjung di kabupaten tertua di Lampung itu, lanjut Samsir, dapat menambah income masyarakat. Paling tidak tempatnya menginap, akan kebanjiran order serta warung makan dan minumnya. Secara otomatis warga berada ditempat tersebut akan menerima dampak baiknya, sehingga kesejahteraannya dapat meningkat.

“Kalau ada orang dari daerah lain datang, pasti mereka kan makan dan minum disini. Dan akan membeli di warung-warung milik rakyat kita disini, sehingga penghasilannya akan bertambah. Paling tidak tempat penginapan disini akan membludak pengunjung.”Katanya.

Samsir menjelaskan di era kepemimpinan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara saat menginginkan perubahan di daerah yang terkenal dengan lada hitamnya di Lampung tersebut. Didalam delapan program prioritas daerah dalam membangun kabupaten berjuluk Lampura sikep ini menuju kearah lebih baik. Dengan moto, bersam kita bisa membangun demi perubahan kearah lebih lagi kedepannya.

“Oleh karenanya kita semua warga pendidikan untuk dapat bersama-sama pemerintah membangun sekolah agar dapat penghargaan. Menjadi sekolah unggulan yang dapat mengharumkan nama daerah, tidak hanya di provinsi berjuluk sang bumi rua jurai ini juga di nusantara ini. Kalau UKS dan puskesmas terbaik kita telah memperolehnya, yang belum sekolah unggulannya.”kata dia.

Pemerintah juga tidak tinggal diam terhadap segala kekurangan yang ada di dunia pendidikan Lampura. Dibawah kepemimpinan Bupati termuda di Lampung itu sangat konsen terhadap bidang kehidupannya rakyatnya, selain delapan program prioritas lainnya. Mulai dari SDM-nya sampai sarana-prasarana penunjangnya, semua akan diperbaikki. Demi memperoleh predikat lebih baik dari sebelumnya, paling tidak untuk tahun ini akan setara dengan daerah lainnya di Lampung lebih maju dahulu.

“Kalau di Lampung, dapat dilihat di daerah Metro dan Pringsewu. Disana dunia pendidikan sudah cukup maju dibandingkan kita, tapi jangan khawatir kitapun bisa karena potensi dimiliki tidak kalah. Jadi tinggal bagaimana mensiasatinya saja, tingkat kinerja jadikan Lulusan-lulusan tempat kita mengabdi berhasil.”kata Sekdakab Lampura ini.

Pihaknya berharap para dewan guru disana untuk tidak mudah terpengaruh dengan hasutan dihembuskan oleh Pihak-pihak yang tidak menginginkan kemajuan di Bumi Tunas Ragem Lampung itu. Sebab, saat ini telah banyak upaya-upaya dari berbagai pihak memecah-belah pemimpin dan rakyatnya. Untuk itu diperlukam pemikiran jernih untuk mengantisipasi hal ini, agar tidak menimbulkan bentrok dibawah.

“Sebagai insan pendidikan jangan pernah percaya terhadap segala hasutan datang, seperti wacana pergantian kepala sekolah yang akhir-akhir mewacana. Telah banyak beredar informasi ada pihak memanfaatkan ini semua demi memenuhi kantongnya sendiri, dengan mencatut nama bupati atau pejabat disini. Padahal itu semua tidak ada, bila ada terbukti oknum melakukan hal tersebut pemimpin tidak tinggal diam.”ujarnya.(F/Siswanto)