Pendaftaran ditutup, calon kepala daerah ini belum punya lawan

0
549

Buanainformasi.com – pendaftaran-ditutup-calon-kepala-daerah-ini-belum-punya-lawanTahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah untuk pilkada serentak pada 9 Desember mendatang telah berakhir Selasa (28/7) kemarin. Dari hampir 300 daerah yang akan menggelar pilkada, ada beberapa daerah yang terpaksa memperpanjang masa pendaftaran. Penyebabnya, hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar.

Berdasarkan Surat Edaran Ketua KPU RI nomor 403/KPU/VII/2015, pendaftaran tahap kedua akan dibuka pada 1-3 Agustus mendatang. Diharapkan, ada pasangan calon lain yang akan menjadi kontestan agar pilkada bisa digelar tahun ini.

Berdasarkan hasil rekapitulasi hingga Rabu (29/7) dini hari, Komisi Pemilihan Umum menyatakan tercatat ada 12 dari 269 wilayah penyelenggara pilkada serentak yang memiliki calon kurang dari dua pasangan maupun tidak ada calon sama sekali.

Ke-12 wilayah tersebut adalah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara, Kabupaten Serang di Banten, Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar di Jawa Timur, Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah, Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Kabupaten Minahasa Selatan di Sulawesi Utara, Kota Mataram, Kota Samarinda, Kabupaten Timur Tengah Utara di NTT, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Hanya Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang tidak memberikan calon sama sekali,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu dini hari.(Sumber : Merdeka.com)