Pencanangan Kampung KB Di Pekon Way Sindi

0
568
Pencanangan Kampung KB Di Pekon Way Sindi
Pencanangan Kampung KB Di Pekon Way Sindi

Pesisir Barat, buanainformasi.com-Acara pencanangan kampung Keluarga Berencana Di Pekon Way Sindi Kecamatan Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat. Senin (23/05/2016)

Acara tersebut dihadiri Bupati Pesisir Barat Dr.Drs. Agus Istiqlal, Wakil Bupati Erlina,SP.MM,Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Dra. Hj. Paulina JS,MM, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Camat se Kabupaten Pesisir Barat serta forkopimda.

Dr.Drs. Agus Istiqlal mengatakan Program Keluarga Berencana dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam melaksanakan Pengendalian Penduduk di Kabupaten pesisir Barat yang tentunya akan berpengaruh terhadap Pembangunan dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk.

Kampung KB ini keberadaannya sangat di perlukan. Sebab keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik,tegasnya.
Selanjutnya Dengan di tetapkannya Pekon Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa sebagai kampung KB akan mendorong pembangunan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga.
Keberhasilan program KB dibutuhkan sinergitas dengan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya akan memberi harapan bagi masyarakat akan kehidupan yang lebih sejahtera.

Kampung KB menjadi ‘miniatur’ pelaksanaan program KB dan pembangunan keluarga sejahtera di wilayah setingkat kelurahan, dusun, RW atau yang setara dengan syarat dan kriteria tertentu. Hal itu sebagai program dari, oleh, dan untuk masyarakat. Sedangkan kampung KB itu sendiri diutamakan bagi daerah miskin, padat penduduk, wilayah pesisir, terpencil atau perbatasan dengan akses pelayanan kesehatan yang minim. Pungkasnya.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Dra. Hj. Paulina JS,MM menyampaikan Gerakan kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan berbagai sektor dalam rangka mewujdkan keluarga kecil berkualitas. Hal ini dimaksudkan untuk sekaligus melaksanakan prioritas program ke lima yaitu Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia sehingga diharapkan adanya sinergitas antar sektor pembangunan baik secara fisik maupun non fisik.

Lanjutnya program KB merupakan hulunya program-program pembangunan masih harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Jangkauan pelayanan dan kualitas pelayanan KB harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnyaa dan khususnya kepada masyarakat kurang mampu. Tutupnya.

Kegiatan kampung KB di sinergikan dengan program Gerbang desa Saburai yang dicanagkan oleh Privinsi Lampung. Dimana dalam program tersebut ada sinergi dari beberapa sektor yaitu kesehatan, pertanian, PU berupa pembangunan di kampung yg menjadi sasaran Kampung KB dan Gerbang Desa Saburai.

Menurut keterangan Jalaludin, asisten 1 setdakab Pesisir barat. Bahwa bantuan dari BKKBN lampung berupa1 set BKB kit dan KIE Kit. 1600 dan 200 bibit sayuran dn toga, dari PU rehabilitasi pekon, dan stimulan pembangunan jamban keluarga, dan pembinaan PHBS.(Nova)