Pemkab Pesisir Barat Adakan Latihan Pengrajin Tenun Tapis

0
450
Pemkab Pesisir Barat Adakan Latihan Pengrajin Tenun Tapis
Pemkab Pesisir Barat Adakan Latihan Pengrajin Tenun Tapis

Pesisir Barat, buanainformasi.com-Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan pelatihan pengrajin tenun tapis Kabupaten Pesisir Barat 2016. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 01 – 03 Juni 2016. Rabu, (01/06/2016)

Sebagai upaya promosi pelestarian seni budaya dan pengembangan ekonomi kreatif Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengharapkan kegiatan yang strategis dan tepat sasaran yang mengarah pada peningkatan investasi daerah, promosi hasil produksi unggulan daerah, dalam rangka menarik wisatawan dan investor, mengembangkan rekreasi, informasi, konservasi dan atraksi yang produktif dan berdaya guna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan bangsa.

Wakil Bupati Erlina dalam sambutannya menyampaikan Pelatihan Pengrajin Tenun Tapis khas Pesisir Barat ini merupakan pelatihan berbasis keterampilan yang harus didasarkan pada kearifan lokal budaya dan tradisi masyarakat. Tenun kain khas Pesisir Barat Lampung memenuhi prasyarat karena merupakan kerajinan yang diwariskan secara turun temurun selain memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

“Saya menginginkan kepada peserta tidak hanya mendengar dan mempraktekannya di lokasi pelatihan saja melainkan mengembangkan di luar lokasi pelatihan bahkan mempromosikan, memasarkan sebagai hasil karya, seperti souvenir dompet, selendang, peci dan lain sebagainya”. Ujarnya.

Dia juga berharap mudah-mudahan melalui kegiatan ini pula nantinya akan menghasilkan SDM yang membuat ekonomi kreatif Pesisir Barat semakin maju dan siap menerima kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati akan membuat kampung tapis. Dan mengajak semua unsur masyarakat untuk memberi kontribusi positif untuk kemajuan Pesisir Barat. (Nova)