Pemkab Lambar Gelar Kampanye Gemar Ikan Bagi Anak Sekolah

0
244

Lampung Barat, buanainformasi.com – Semarak bakar ikan dan edukasi perikanan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2018 yang digelar Pemkab setempat melalui Dinas Perikanan di Balai Benih Ikan (BBI) Pekon Way Petai Kecamatan Sumberjaya, Senin (5/3).

Acara yang dibuka Bupati Lambar Parosil Mabsus, dihadiri Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom., Asisten dan Staf Ahli Bupati, Forkompinda, Muspida, Ketua Forikan Lampung Barat Partinia, S. Pd,. MM, Kepala OPD , TP PKK Lambar, Darmawanita, tokoh agama, tokoh adat , tokoh masyarakat dan pelajar.

Parosil Mabsus mengatakan kampanye gemar ikan bagi anak sekolah adalah gerakan memasyrakatkan makan ikan atau gemarikan Kabupaten Lampung Barat dimaksudkan agar semakin banyak warga yang memakan ikan, akan berkontribusi positif bagi petani ikan/nelayan, apalagi jika gerakan itu diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan perlindungan kepada petani ikan/nelayan.

 

Kemudian, pembangunan perikanan harus dapat mendukung upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan nelayan pembudidaya dan pengolah ikan sebagai bagian dari upaya mensukseskan program nasional yaitu mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja dan berusaha, meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

“Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh manusia utamanya untuk perkembangan sel-sel otak yang dimulai saat janin, balita sampai usia dewasa karena ikan kaya akan asam lemak omega 3, vitamin dan berbagai mineral. Menkonsumsi protein ikan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mencegah resiko serangan penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan 3 kali dalam seminggu akan mengurangi resiko stroke sebesar 6 persen,” ujarnya. (bumilampung.co.id)

Tujuan dilakasanakan kegitan ini untuk Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Memasyarakatkan makan ikan dimaksudkan agar semakin banyak warga yang memakan ikan, akan berkontribusi positif bagi petani ikan/nelayan. Apalagi jika gerakan itu diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan perlindungan kepada petani ikan/nelayan.(*)