Pemkab Lambar Akan Dirikan Sekolah Kopi Pertama di Lampung

0
341

Lampung Barat, buanainformasi.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat saat ini sedang mendorong masyarakatnya untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di masing – masing Kabupaten.

Hal ini dimaksudnya guna mensejahterakan masyarakat juga meningkatkan pendapatan Asli Daerah. Hal tersebut dipertegas dengan keinginan Bupati Lambar Parosil Mabsus untuk memaksimalkan pengembangkan produk unggulan yaitu kopi robusta.

Salah satu yang layak terus dikembangkan adalah produksi kopi yang tersebar disejumlah wilayah yang telah berhasil mengembangkan produk kopi robusta. Langkah yang di lakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin adalah bersama dengan “Rumah Kopi Ranin” dari Bogor Jawa Barat melakukan pertemuan sekaligus ekspose terkait dengan pembentukan sekolah kopi robusta Lambar.

Apabila terealisasikan, sekolah kopi robusta di Lambar adalah sekolah pertama di provinsi Lampung. Ekspose tersebut di laksanakan di salah satu pertemuan santai di Bandar Lampung.

 

Selanjutnya, didedikasikan untuk para pekebun kopi memberikan pengajaran dan keterampilan kepada pemuda dan pemudi di pekon tentang tata pengelolaan kebun dan usaha kopi. Melalui pengelolaan mutu ,penyangrai ,cita rasa dan penyeduhan.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Bupati Lambar menyampaikan saat ini trend minum kopi adalah gaya hidup zaman now, kini semakin bertambah tidak hanya di kalangan kaum Adam saja akan tetapi kaum hawa pun mengikuti trend tersebut. Minum kopi ini tidak melihat strata dan potensi itulah yang mampu ditangkap di kabupaten Lambar bahkan di provinsi seluruh Indonesia.

“Pemkab berkewajiban mendukung promosi kopi robusta agar lebih dikenal serta mendapat pasar di Indonesia maupun mancanegara untuk mengenalkan produk perlu adanya branding karena itulah komunitas maupun penggiat kopi ayo bersama Pemkab untuk mendukung kemajuan kopi di Lambar “, pintanya.

Dalam pertemuan tersebut selain Bupati dan Wakil Bupati Lambar juga di ikuti oleh Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH., Asisten Bidang Perekonomian Ir. Natadjudin Amran, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tri Umaryani , Kepala Dinas Koperindag Ir. Amirian,Kepala Bappeda Ir. Okmal , Kepala BPKAD Ir.Sudarto ,Kadis Pendidikan Bulki Basri, Kepala Dinas PUPR Ir Ansari ,Kadis Kominfo Nizom, Kadispora Indra Kesuma S.sos Perwakilan dari Balitbang Lambar ,Kabag Pemerintahan Dan Otda Sekdakab Lambar Yudha Setiawan , dan Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Lambar Surahman SIP .(*)